ANALISIS SENTIMEN PADA VAKSIN BOOSTER MENGGUNAKAN ALGORITMA SUPPORT VECTOR MACHINE MULTICLASS DI TWITTER

Authors

  • Hendi Saputra Informatika

Keywords:

: Vaksin Booster, Support Vector Machine, SVM Multi-class, One Against One, One Against Rest

Abstract

Vaksin Booster merupakan salah satu upaya pemerintah indonesia dalam menangani penyebaran virus covid-19 dan hal ini menimbulkan pro dan kontra ditengah masyarakat, salah satu cara untuk mengetahui kecenderungan masyarakat terhadap pro dan kontra pada vaksin booster dapat dilakukan dengan melalui analisis sentiment pada media sosial, salah satu media sosial yang sering digunakan dalam analisis sentiment adalah media sosial twitter. Penelitian ini untuk analisis sentiment vaksin booster pada media sosial twiter menggunakan algoritma Support Vector Machine dalam pengkajiannya metode Support Vector Machine bergantung pada parameter untuk memperoleh hasil yang maksimal. Dengan model SVM yang dihasilkan menggunakan dua pendekatan, yakni One Against One dan One Against Rest dengan masing –masing dikombinasikan pada keseluruhan kernel pada SVM, yaitu Sigmoid, Polynomial dan RBF. SVM One Against One yang dikombinasikan dengan kernel Sigmoid menghasilkan akurasi 96.1%, kernel Polynomial menghasilkan akurasi 95.5% sedangkan kombinasi dengan kernel RBF hanya 95.8%. SVM One Against Rest yang dikombinasikan dengan kernel Sigmoid menghasilkan akurasi 96%, kernel Polynomial menghasilkan akurasi 95.5% sedangkan kombinasi dengan kernel RBF hanya 95.8%. Berdasarkan hal tersebut, dapat di katakan bahwa pendekatan One Against One lebih baik dibandingkan dengan One Against Rest. Hasil evaluasi model dengan akurasi terbaik, yakni kombinasi pendekatan One Against One dan kernel RBF memiliki sebaran kelas berturut-turut adalah positif = 40, netral = 934, dan negatif = 26.

References

Adam, F. K., Pasaribu, A. F. O., & ... (2023). Aplikasi Monitoring Absensi Karyawan Ditlantas Dengan Penerapan Teknologi GPS (Studi Kasus: Ditlantas Polda Lampung). Jurnal Informatika Dan …, 4, 1–9.

Aditya, F., Dwi Putra, A., & Surahman, A. (2022). RANCANG BANGUN APLIKASI PENJUALAN BERBASIS ANDROID (Studi Kasus: PADA TOKO MURAH JAYA ALUMUNIUM). Jurnal Informatika Dan Rekayasa Perangkat Lunak (JATIKA), 3(3), 316–329.

Adnin, A. B., Rahmanto, Y., & Puspaningrum, A. S. (2022). Pembuatan Game Edukasi Pembelajaran Kata Imbuhan Untuk Tingkat Sekolah Dasar (Studi Kasus SD Negeri Karang Sari Lampung Utara). Jurnal Informatika Dan Rekayasa Perangkat Lunak (JATIKA), 3(2), 202–212.

Adytia Permana, B., & Jayadi, A. (2022). Aplikasi Presensi Online Menggunakan Validasi Jarak Lokasi Pengguna Berbasis Android (Study Kasus: Toko Yonix). Jurnal Informatika Dan Rekayasa Perangkat Lunak (JATIKA), 3(1), 86–92.

Agung, M. (2020). APLIKASI POINT PELANGGARAN DAN PRESTASI SISWA MENGGUNAKAN MOBILE (Study Kasus: SMK Taman Siswa). Jurnal Informatika Dan Rekayasa Perangkat Lunak, 1(1), 75–82. https://doi.org/10.33365/jatika.v1i1.226

Agung Saputra, M., & Rahman Isnain, A. (2021). PENERAPAN SMART VILLAGE DALAM PENINGKATAN PELAYANAN MASYARAKAT MENGGUNAKAN METODE WEB ENGINEERING (Studi Kasus: Desa Sukanegeri Jaya). Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi (JTSI), 2(3), 49–55. http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/JTSI

Akbar, M., & Rahmanto, Y. (2020). Desain Data Warehouse Penjualan Menggunakan Nine Step Methodology Untuk Business Intelegency Pada Pt Bangun Mitra Makmur. Jurnal Informatika Dan Rekayasa Perangkat Lunak, 1(2), 137–146. https://doi.org/10.33365/jatika.v1i2.331

Al, M., Rizki, K., & Op, A. F. (2021). Rancang Bangun Aplikasi E-Cuti Pegawai Berbasis Website (Studi Kasus : Pengadilan Tata Usaha Negara). Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi (JTSI), 2(3), 1–13.

Al Zikri, S. M. (2021). Perancangan Sistem Pengelolaan Data Penerima Dana Zakat, Infaq Dan Sedekah Menggunakan Framework Laravel. Jurnal Informatika Dan Rekayasa Perangkat Lunak, 2(3), 344–352. https://doi.org/10.33365/jatika.v2i3.1234

Alam, P. S., Wantoro, A., & Kisworo. (2022). Sistem Pakar Pemilihan Sampo Pria dengan Menggunakan Metode Certainty Factor. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi (JTSI), 3(4), 21–27.

Alba, M., Parjito, P., & Priandika, A. T. (2023). Media Game Edukasi Berbasis Android Untuk Pembelajaran Benda Hidup dan Tidak Hidup. Jurnal Informatika Dan Rekayasa …, 4, 29–40.

Aldino, A. A., Suryono, R. R., & Ambarwati, R. (n.d.). Analysis of Covid-19 Cash Direct Aid (BLT) Acceptance Using K-Nearest Neighbor Algorithm. IJCCS (Indonesian Journal of Computing and Cybernetics Systems), 16(2), 193–204.

Alexandra, W., Dwi Putra, A., & Puspanigrum, A. S. (2022). A Penerapan Teknologi Augmented Reality Berbasis Android Untuk Pembelajaran Rantai Makanan Pada Hewan. Jurnal Informatika Dan Rekayasa Perangkat Lunak (JATIKA), 3(1), 1–24.

Alfiah, A., & Damayanti, D. (2020). APLIKASI E-MARKETPLACE PENJUALAN HASIL PANEN IKAN LELE (Studi Kasus: Kabupaten Pringsewu Kecamatan Pagelaran). Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi, 1(1), 111–117. https://doi.org/10.33365/jtsi.v1i1.241

Alfian, J., & Rahmanto, Y. (2021). ANALISIS DAN PERANCANGAN KAMUS BAHASA ILMIAH TUMBUHAN TUMBUHAN BERBASIS ANDROID. Jurnal Informatika Dan Rekayasa Perangakat Lunak, 2(3), 399–406.

Alfian, M., Dwi Putra, A., & Surahman, A. (2022). Penerapan Augmented Reality (Tanaman Obat Keluarga) Toga Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Android Dengan Metode Marker. Jurnal Informatika Dan Rekayasa Perangkat Lunak (JATIKA), 3(1), 77–85.

Ali Hidayahtullah, Styawati, & Temi Ardiansah. (2023). Aplikasi Pencarian Dan Pemesanan Jasa Makeup Dan Pakaian Pengantin Berbasis Android Di Bandar Lampung. Aplikasi Pencarian Dan Pemesanan Jasa Makeup Dan Pakaian Pengantin Berbasis Android Di Bandar Lampung, 4, 47–52.

Alifah, R., Megawaty, D. A., Najib, M., & Satria, D. (2021). Pemanfaatan Augmented Reality Untuk Koleksi Kain Tapis (Study Kasus: Uptd Museum Negeri Provinsi Lampung). Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi (JTSI), 2(2), 1–7.

Alnast, H. (2021). Sistem Informasi Geografis Penyebaran Pondok Pesantren Kota Bandar Lampung. Jurnal Informatika Dan Rekayasa Perangkat Lunak (JATIKA), 2(2), 248–253.

Amalia, R. (2020). Game Edukasi Dan Cerita Interaktif Sejarah Kerajaan Di Sumatra Menggunakan Algoritma Fuzzy Sugeno Untuk Mengatur Perilaku Npc. Jurnal Informatika Dan Rekayasa Perangkat Lunak, 1(2), 192–202. https://doi.org/10.33365/jatika.v1i2.339

Ambarwati, D., & Abidin, Z. (2021). Rancang Bangun Alat Pemberian Nutrisi Otomatis Pada Tanaman Hidroponik. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi (JTSI), 2(1), 29.

Amelia, D. S., & Aldino, A. A. (2021). Teks Dan Analisis Sentimen Pada Chat Grup Whatsapp Menggunakan Long Short Term Memory (LSTM). Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi (JTSI), 2(4), 56–61.

Andre, A., & Prastowo, A. T. (2020). Sistem Informasi Order Jasa Pariwisata (Study Kasus : Musa Tour Lampung). Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi, 1(1), 1–7. https://doi.org/10.33365/jtsi.v1i1.157

Andrian, D. (2021). Penerapan Metode Waterfall Dalam Perancangan Sistem Informasi Pengawasan Proyek Berbasis Web. Jurnal Informatika Dan Rekayasa Perangkat Lunak (JATIKA), 2(1), 85–93.

Andriano, E. D., & Ahmad, I. (2023). Pengembangan Aplikasi Pengaduan Nasabah Berbasis Website Menggunakan Framework Laravel (Studi Kasus: PT BPR UTOMO MSL). Jurnal Informatika Dan …, 4(September), 253–260.

Anestiviya, V., Ferico, A., & Pasaribu, O. (2021). Analisis Pola Menggunakan Metode C4.5 Untuk Peminatan Jurusan Siswa Berdasarkan Kurikulum (Studi Kasus : Sman 1 Natar). Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi (JTSI), 2(1), 80–85.

Anggraini, R. (2021). Rancang Bangun Sistem Informasi Administrasi Pengelolaan Dana Masjid Berbasis Web (Studi Kasus: Masjid Al-Muttaqin). Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi (JTSI), 2(3), 109–118.

Anggraini, S. P., & Suaidah, S. (2022). Sistem Informasi Sentral Pelayanan Publik dan Administrasi Kependudukan Terpadu dalam Peningkatan Kualitas Pelayanan Kepada Masyarakat Berbasis Website …. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi, 3(1), 12–19.

Anggraini, W. F., Susanto, T., & Ahmad, I. (2022). Sistem Informasi Pemasaran Hasil Kelompok Wanita Tani Desa Sungai Langka Menggunakan Metode Design Sprint. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi (JTSI), 3(1), 34–40.

Anggraini, Y., Pasha, D., Damayanti, D., & Setiawan, A. (2020). Sistem Informasi Penjualan Sepeda Berbasis Web Menggunakan Framework Codeigniter. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi, 1(2), 64–70. https://doi.org/10.33365/jtsi.v1i2.236

Anggrenia, I., Thyo Priandika, A., & Rahmanto, Y. (2022). Sistem Informasi Geografis Pemetaan Ukm Di Provinsi Lampung Berbasis Web Pada Uptd Plut Kumkm Provinsi Lampung (Studi Kasus : Uptd Plut Kumkm Provinsi Lampung). Jurnal Informatika Dan Rekayasa Perangkat Lunak (JATIKA), 3(4), 384–390.

Anita, K., Wahyudi, A. D., & Susanto, E. R. (2020). Aplikasi Lowongan Pekerjaan Berbasis Web Pada Smk Cahaya Kartika. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi, 1(1), 75–80. https://doi.org/10.33365/jtsi.v1i1.213

Ardian, A., & Fernando, Y. (2020). Sistem Imformasi Manajemen Lelang Kendaraan Berbasis Mobile (Studi Kasus Mandiri Tunas Finance). Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi, 1(2), 10–16. https://doi.org/10.33365/jtsi.v1i2.358

Arianto, F. P. (2021). Perancanan Sistem Informasi E-Document Sebagai Implementasi E-Government. Jurnal Informatika Dan Rekayasa Perangkat Lunak (JATIKA), 2(1), 144–150.

Ariyanti, L., Satria, M. N. D., & Alita, D. (2020). Sistem Informasi Akademik Dan Administrasi Dengan Metode Extreme Programming Pada Lembaga Kursus Dan Pelatihan. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi, 1(1), 90–96. https://doi.org/10.33365/jtsi.v1i1.214

Arpiansah, R., Fernando, Y., & Fakhrurozi, J. (2021). GAME EDUKASI VR PENGENALAN DAN PENCEGAHAN VIRUS COVID-19 MENGGUNAKAN METODE MDLC UNTUK ANAK USIA DINI. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi (JTSI), 2(2), 88.

Ashari, N., Darwis, D., & Kisworo. (2023). Game Edukasi Pengenalan Dampak Buruk Merokok Bagi Kesehatan Berbasis Android. Jurnal Informatika Dan Rekayasa Perangkat Lunak (Jatika), 4, 22–28.

Asrori, N., Prastowo, A. T., & Putra, A. D. (2021). Media Pembelajaran Olahraga Senam Lantai Dengan Augmented Reality Berbasis Android. Jurnal Informatika Dan Rekayasa Perangkat Lunak (JATIKA), 2(4), 559–569.

Asrurin, W. (2021). Analisis Dan Perancangan Sistem Informasi Manajemen Penerima Bantuan Dana Covid-19 Berbasis Dashboard (Study Kasus: Kantor Desa Rangai). Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi (JTSI), 2(4), 37–42.

Augustiningrum, S., & Puspaningrum, A. S. (2021). Sistem Informasi Dokumen Ekspor Copra Grade I Half Cup Berbasis Web. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi (JTSI), 2(3), 7–15.

Aulami, R., & Ariany, F. (2022). APLIKASI E-MARKETPLACE PADA USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (UMKM) BERBASIS MOBILE (Studi Kasus Dinas : UMKM Kabupaten Pesawaran). Jurnal Informatika Dan Rekayasa Perangkat Lunak (JATIKA), 3(1), 66–72.

Ayunandita, N., & Dadi Riskiono, S. (2021). Permodelan Sistem Informasi Akademik Menggunakan Extreme Programming Pada Madrasah Aliyah (Ma) Mambaul Ulum Tanggamus. Jurnal Informatika Dan Rekayasa Perangkat Lunak (JATIKA), 2(2), 196–204.

Bagus, A., Sulistiyawati, A., & Lathifah, L. (2023). Aplikasi Pembelajaran Kuis Interaktif Ilmu Farmasi Berbasis Android. Jurnal Informatika Dan …, 4, 103–112.

Binardo, C. (2021). PENGEMBANGAN SISTEM PENDAFTARAN KEJUARAAN KARATE BERBASIS WEB DENGAN PENDEKATAN EXTREME PROGRAMMING. Jurnal Informatika Dan Rekayasa Perangkat Lunak (JATIKA), Vol. 2(2), 276–284.

Bryllian, D., & Kisworo, K. (2021). Sistem Informasi Monitoring Kinerja Sdm (Studi Kasus: Pt Pln Unit Pelaksana Pembangkitan Tarahan). Jurnal Informatika Dan Rekayasa Perangkat Lunak, 1(2), 264–273. https://doi.org/10.33365/jatika.v1i2.622

Buhoriansyah, & Pamungkas Nurhuda Budi. (2021). PREDIKSI JUMLAH PENERIMAAN SISWA BARU PADA SMAN 1 PAGAR DEWA DENGAN METODE REGRESI LINIER (STUDI KASUS: SMAN 1 PAGAR DEWA). Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi (JTSI), 2(1), 8–14.

Cahyani, V. D. (2020). Perancangan Aplikasi Penerimaan Peserta Didik Baru (Ppdb) Pada Smk Yaditama Sidomulyo Berbasis Web. Jurnal Informatika Dan Rekayasa Perangkat Lunak, 1(1), 120–126. https://doi.org/10.33365/jatika.v1i1.232

Dalimunthe, H. F., & Simanjuntak, P. (2023). Aplikasi Pengenalan Perangkat Keras Komputer Berbasis Android Menggunakan Augmented Reality. Computer and Science Industrial Engineering (COMASIE), 9(2), 24–31. https://doi.org/10.33884/comasiejournal.v9i2.7624

Darwis, D., Wahyuni, D., & Dartono, D. (2020). Sistem Informasi Akuntansi Pengolahan Dana Kas Kecil Menggunakan Metode Imprest Pada Pt Sinar Sosro Bandarlampung. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi, 1(1), 15–21. https://doi.org/10.33365/jtsi.v1i1.85

Desy Ria, M., & Budiman, A. (2021). Perancangan Sistem Informasi Tata Kelola Teknologi Informasi Perpustakaan. Jurnal Informatika Dan Rekayasa Perangkat Lunak (JATIKA), 2(1), 122–133.

Dewi, R. K., Adrian, Q. J., Sulistiani, H., & Isnaini, F. (2021). Dashboard Interaktif Untuk Sistem Informasi Keuangan Pada Pondok Pesantren Mazroatul ’ Ulum. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi (JTSI), 2(2), 116–121.

Dinasari, W., Budiman, A., & Megawaty, D. A. (2020). Sistem Informasi Manajemen Absensi Guru Berbasis Mobile (Studi Kasus : Sd Negeri 3 Tangkit Serdang). Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi, 1(2), 50–57. https://doi.org/10.33365/jtsi.v1i2.558

Dwi Gotama, J., Fernando, Y., & Pasha, D. (2021). Pengenalan Gedung Universitas Teknokrat Indonesia Berbasis Augmented Reality. Jurnal Informatika Dan Rekayasa Perangkat Lunak (JATIKA), 2(1), 28–38.

Dwijaya, D. A., & Setiawansyah, S. (2020). Perancangan Aplikasi Untuk Pelanggaran Dan Prestasi Siswa Pada Smp Kartika Ii-2 Bandar Lampung. Jurnal Informatika Dan Rekayasa Perangkat Lunak, 1(2), 127–136. https://doi.org/10.33365/jatika.v1i2.313

Dwiramadhan, F., Wahyuddin, M. I., & Hidayatullah, D. (2022). Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Kulit Kucing Menggunakan Metode Naive Bayes Berbasis Web. Jurnal JTIK (Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi), 6(3), 429–437. https://doi.org/10.35870/jtik.v6i3.466

Dwita Sari, D., & Isnaini, F. (2021). Sistem Informasi Pengolahan Data Kelembagaan Madrasah (Studi Kasus: Kementerian Agama Pesawaran). Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi (JTSI), 2(4), 74–80.

Elma Purnomo, C. (2021). Penerapan Metode C4.5 Untuk Klasifikasi Warga Miskin Pada Desa Mengandung Sari. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi (JTSI), 2(3), 14–25.

Ersad, A. I. (2021). IMPLEMENTASI GEOGRAPHIC INFORMATION SYSTEM SEBAGAI MEDIA PELAPORAN KERUSAKAN JALAN (Studi Kasus: Dinas PU Bandar Lampung). Jurnal Informatika Dan Rekayasa Perangkat Lunak (JATIKA), 2(4), 526.

Erwanto, Ayu Megawaty, D., & Parjito. (2022). Aplikasi Smart Village Dalam Penerapan Goverment To Citizen Berbasis Mobile Pada Kelurahan Candimas Natar. Jurnal Informatika Dan Rekayasa Perangkat Lunak (JATIKA), 3(2), 226–235.

Fadhlullah, N., & Surahman, A. (2022). Penerapan Teknologi Web Scraping Sebagai Pengumpulan Data Covid-19 Di Provinsi Lampung. Jurnal Informatika Dan Rekayasa Perangkat Lunak (JATIKA), 3(1), 25–30.

Fariyanto, F., & Ulum, F. (2021). Perancangan Aplikasi Pemilihan Kepala Desa Dengan Metode Ux Design Thinking (Studi Kasus: Kampung Kuripan). Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi (JTSI), 2(2), 52–60.

Fathur Bahri, A., Budiman, A., & Pamungkas, N. B. (2022). SISTEM INFORMASI MANAJEMEN RESERVASI RESTORAN DAN PENYEWAAN RUANGAN BERBASIS MOBILE (Studi Kasus : Begadang Resto). Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi (JTSI), 3(4), 28–33.

Fatmawati, D., & Megawati, D. A. (2023). Aplikasi Supervisi Dosen Berbasis Web Di Universitas XYZ. Jurnal Informatika Dan Rekayasa Perangkat Lunak (JATIKA), 4(September), 270–283.

Fauzan, I., Sintaro, S., & Surahman, A. (2022). Media Pembelajaran Anatomi Tulang Manusia Menggunakan Radio Frequency Identification (Rfid) Berbasis Website (Studi Kasus: Universitas Xyz). Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi (JTSI), 3(1), 41–45.

Febriani, S., & Sulistiani, H. (2021). Analisis Data Hasil Diagnosa Untuk Klasifikasi Gangguan Kepribadian Menggunakan Algoritma C4.5. 89Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi (JTSI), 2(4), 89–95.

Febriantoro, D. (2021). Perancangan Sistem Informasi Desa Pada Kecamatan Sendang Agung Menggunakan Extreme Programming. Jurnal Informatika Dan Rekayasa Perangkat Lunak (JATIKA), 2(2), 230–238.

Febrina, C. A., Ariany, F., & Megawaty, D. A. (2021). Aplikasi E-Marketplace Bagi Pengusaha Stainless Berbasis Mobile Di Wilayah Bandar Lampung. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi (JTSI), 2(1), 15–22.

Fitri, E. M., Suryono, R. R., & Wantoro, A. (2023). Klasterisasi Data Penjualan Berdasarkan Wilayah Menggunakan Metode K-Means Pada Pt Xyz. Jurnal Komputasi, 11(2), 157–168. https://jurnal.fmipa.unila.ac.id/komputasi/article/view/12582

Fitriyana, F., & Sucipto, A. (2020). Sistem Informasi Penjualan Oleh Sales Marketing Pada Pt Erlangga Mahameru. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi, 1(1), 105–110. https://doi.org/10.33365/jtsi.v1i1.239

Gandhi, B. S., Megawaty, D. A., & Alita, D. (2021). Aplikasi Monitoring dan Penentuan Peringkat Kelas Menggunakan Naive Bayes Classifier. Jurnal Informatika Dan Rekayasa Perangkat Lunak, 2(1), 54–63. https://doi.org/10.33365/jatika.v2i1.722

Ghufroni An, M., Jafar Adrian, Q., & Hendrastuty, N. (2022). Rancang Bangun Aplikasi Game Edukasi Pengenalan Kata Kerja Aktif dan Pasif Menggunakan Construct 2. Jurnal Informatika Dan Rekayasa Perangkat Lunak, 3(2), 185–201.

Gumilang, J. R. (2021). Implementasi Algoritma Apriori Untuk Analisis Penjualan Konter Berbasis Web. Jurnal Informatika Dan Rekayasa Perangkat Lunak, 1(2), 226–233. https://doi.org/10.33365/jatika.v1i2.612

Gunawan, R. D. (2020). Pemanfaatan Augmented Reality Dalam Aplikasi Magic Book Pengenalan Profesi Untuk Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Informatika Dan Rekayasa Perangkat Lunak, 1(1), 36–42. https://doi.org/10.33365/jatika.v1i1.151

Gustika, A., Najib, M., Satria, D., & Fadly, M. (2021). Sistem Customer Relationship Management Dalam Upaya Peningkatan Loyalitas Dan Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus: Dealer Yamaha Yukum Jaya). Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi (JTSI), 2(4), 68–73.

Hairani, L. (2021). Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan Rekomendasi Pengangkatan Karyawan Tetap Menggunakan Metode Topsis Berbasis Web. Jurnal Informatika Dan Rekayasa Perangkat Lunak (JATIKA), 2(2), 262–267.

Hakim, I. M. (2020). Game Edukasi Pengenalan Bahasa Komering Untuk Masyarakat Martapura Menggunakan Algoritma Fuzzy Sugeno. Jurnal Informatika Dan Rekayasa Perangkat Lunak, 1(2), 147–157. https://doi.org/10.33365/jatika.v1i2.317

Hakim, K. F., Pasha, D., & Adrian, Q. J. (2023). Rancang Bangun Game Platform 2D Petualangan Si Gajah Berbasis Android. Format : Jurnal Ilmiah Teknik Informatika, 11(2), 153. https://doi.org/10.22441/format.2022.v11.i2.007

Hamidah, N. (2021). Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Sapi Menggunakan Metode Dhemster Shafer Berbasis Android. Jurnal Informatika Dan Rekayasa Perangkat Lunak (JATIKA), 2(2), 254–261.

Handayani, E. T., & Sulistiyawati, A. (2021). Analisis Sentimen Respon Masyarakat Terhadap Kabar Harian Covid-19 Pada Twitter Kementerian Kesehatan Dengan Metode Klasifikasi Naive Bayes. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi (JTSI), 2(3), 32–37.

Haq, N. M. (2020). Augmented Reality Sejarah Pahlawan Pada Uang Kertas Rupiah Dengan Teknologi Facial Motion Capture Berbasis Android. Jurnal Informatika Dan Rekayasa Perangkat Lunak, 1(1), 100–108. https://doi.org/10.33365/jatika.v1i1.229

Hariyanto, B. (2021). Perancangan Sistem Magang Berbasis Web Pada Dinas Tenaga Kerja Dan Transmigrasi Provinsi Lampung. Jurnal Informatika Dan Rekayasa Perangkat Lunak, 2(3), 334–343. https://doi.org/10.33365/jatika.v2i3.1233

Harry Farrizqy, R., Randy Suryono, R., Ayu Megawaty, D., Informasi, S., Corresponding Author, N., & Harry Farrizqy Submited, R. (2023). ANALISIS KINERJA WEBSITE PELAYANAN PUBLIK MENGGUNAKAN WEBQUAL 4.0 (Studi Kasus : Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Provinsi Lampung). 4(3), 340–348. https://doi.org/10.33365/jtsi

Hasri, C. F., & Alita, D. (2022). Penerapan Metode Naïve Bayes Classifier Dan Support Vector Machine Pada Analisis Sentimen Terhadap Dampak Virus Corona Di Twitter. Jurnal Informatika Dan Rekayasa Perangkat Lunak (JATIKA), 3(2), 145–160.

Herlinda, V., Darwis, D., & Dartono. (2021). Analisis Clustering Untuk Recredesialing Fasilitas Kesehatan Menggunakan Metode Fuzzy C-Means. JTSI: Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi, 2(2), 94–99.

Hermawan, F., & Pasaribu, A. F. O. (2023). Implementasi Web Service Sebagai Penyedia Informasi Untuk Aplikasi Pengelolaan Jadwal Pemberian Pakan Ikan ( Studi Kasus : Pokdakan Karya Bersama ). Jurnal Informatika Dan Rekayasa Perangkat Lunak (JATIKA), 4(September), 335–341.

Ichsan, A., Najib, M., & Ulum, F. (2020). Sistem Informasi Geografis Toko Distro Berdasarkan Rating Kota Bandar Lampung Berbasis Web. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi, 1(2), 71–79. https://doi.org/10.33365/jtsi.v1i2.207

Imanda, D. (2022). Implementasi Game Edukasi Bahasa Lampung Dialek a Dan Dialek O Berbasis Android. Jurnal Informatika Dan Rekayasa Perangkat Lunak (JATIKA), 1(2), 161–178.

Iqbal, R. (2021). Penerapan Customer Satisfaction Index Dan Analisis Gappada Jasa Wedding Monang Entertainment. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi (JTSI), 2(3), 102–108.

Irawan, A. A., & Neneng, N. (2021). Sistem Informasi Penerimaan Siswa Baru Berbasis Web (Studi Kasus Sma Fatahillah Sidoharjo Jati Agung Lampung Selatan). Jurnal Informatika Dan Rekayasa Perangkat Lunak, 1(2), 245–253. https://doi.org/10.33365/jatika.v1i2.620

Ismail, Y. (2021). Sistem Pendukung Keputusan Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process (Ahp) Dalam Perekrutan Calon Perawat. Jurnal Informatika Dan Rekayasa Perangkat Lunak (JATIKA), 2(2), 160–168.

Ismatullah, H., & Jafar Adrian, Q. (2021). Jurnal Informatika dan Rekayasa Perangkat Lunak (JATIKA). Jurnal Informatika Dan Rekayasa Perangkat Lunak (JATIKA), 2(2), 213–220.

Istiawan, N. (2021). Perancangan Sistem Informasi Manajemen Koleksi Museum Berbasis Web (Studi Kasus Museum Negeri Provinsi Lampung). Jurnal Informatika Dan Rekayasa Perangkat Lunak (JATIKA), 2(1), 102–109.

Izazi, D., Eritiana, E., Pasha, D., & Puspaningrum, A. S. (2022). E-POSYANDU PENGOLAHAN DATA STATUS TUMBUH KEMBANG PADA BALITA (Studi Kasus: Posyandu Cahaya Kartini). Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi (JTSI), 3(1), 27–33.

Janata, R., Priandika, A. T., & Gunawan, R. D. (2022). Pengembangan Game Petualangan Edukasi Pengenalan Satwa Dilindungi Di Indonesia Menggunakan Construct 2. Jurnal Informatika Dan Rekayasa Perangkat Lunak (JATIKA), 3(3), 1–9.

Jasmin, M., Ulum, F., & Fadly, M. (2021). ANALISIS SISTEM INFORMASI PEMASARAN PADA KOMUNITAS BARBERSHOPS MENGGUNAKAN FRAMEWORK COBIT 5 DOMAIN DELIVER SERVICE AND SUPPORT (DSS) (Studi Kasus : Kec, Tanjung Bintang). Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi (JTSI), 2(3), 66–80.

Jatika, P. L., Gifari, A., & Ahmad, I. (2023). Sistem Monitoring Pekerjaan Pada PT Pelabuhan Indonesia ( Persero ) Regional 2 Panjang. Jurnal Informatika Dan Rekayasa Perangkat Lunak (JATIKA), 4(September), 260–269.

Jatika, P. L., Rizki, F., Pajar, M., Putra, K., Assuja, M. A., & Ariany, F. (2023). Implementasi Deep Leraning Lenet Dengan Augmentasi Data Pada Identifikasi Anggrek. 4(September), 357–366.

Jatika, P. L., Rizky, M. A., Puspaningrum, A. S., & Susanto, E. R. (2023). Rancang Bangun Sistem Pemenuhan Kebutuhan Gizi Pada Orang Sakit Berbasis Android. 4(September), 319–325.

JH, A. R., & Prastowo, A. T. (2021). Rancang Bangun Aplikasi Berbasis Web Sistem Informasi Repository Laporan Pkl Siswa (Studi Kasus Smk N 1 Terbanggi Besar). Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi (JTSI), 2(3), 26–31.

Juliyanto, F. (2021). Rekayasa Aplikasi Manajemen E-Filling Dokumen Surat Pada Pt Alp (Atosim Lampung Pelayaran). Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi (JTSI), 2(1), 43–49.

Julyananda, M. A., Yulianti, T., & Pasha, D. (2022). Rancang Bangun Media Pembelajaran Matematika Menggunakan Metode Demonstrasi Untuk Kelas 1 Sekolah Dasar. Jurnal Informatika Dan Rekayasa Perangkat Lunak (JATIKA), 3(3), 366–375.

Karlina, O. (2021). Analisis Dan Perancangan Sistem Informasi Rute Dan Halte Bus Rapid Transit Kota Bandar Lampung Berbasis Android. Jurnal Informatika Dan Rekayasa Perangkat Lunak (JATIKA), 2(2), 205–212.

Kesuma Bhakti, F., Ahmad, I., & Adrian, Q. J. (2022). Perancangan User Experience Aplikasi Pesan Antar Dalam Kota Menggunakan Metode Design Thinking (Studi Kasus: Kota Bandar Lampung). Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi (JTSI), 3(2), 45–54.

Kevin, Redy Susanto, E., & Wantoro, A. (2022). Diagnosa Penyakit Jantung Menggunakan Metode Certainty Factor. Jurnal Informatika Dan Rekayasa Perangkat Lunak, 3(1), 93–106.

Khadaffi, Y., & Kurnia, W. (2021). Aplikasi Smart School Untuk Kebutuhan Guru Di Era New Normal (Studi Kasus : SMA Negeri 1 Krui). Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi (JTSI), 2(2), 15.

Kharisma, D., Saniati, S., & Neneng, N. (2022). Aplikasi E-Commerce Untuk Pemesanan Sparepart Motor Berbasis Web Menggunakan Framework Codeigniter. … Dan Sistem Informasi, 3(1), 83–89.

Komala Sari, R., & Isnaini, F. (2021). Perancangan Sistem Monitoring Persediaan Stok Es Krim Campina Pada Pt Yunikar Jaya Sakti. Jurnal Informatika Dan Rekayasa Perangkat Lunak (JATIKA), 2(1), 151–159.

Kumala, N. K. R., Puspaningrum, A. S., & Setiawansyah, S. (2020). E-Delivery Makanan Berbasis Mobile (Studi Kasus : Okonomix Kedaton Bandar Lampung). Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi, 1(2), 105–110. https://doi.org/10.33365/jtsi.v1i2.607

Kurniawan, A. Y. (2022). Rancangan Ui/Ux Pada Game Belajar Aksara Lampung Bersama Muli (Studi Kasus : Sekolah Dasar Swadhipa Natar). Jurnal Informatika Dan Rekayasa Perangkat Lunak (JATIKA), 3(3), 266–277.

Kurniawan, B. (2021). Media Pembelajaran Senam Dan Yoga Untuk Ibu Hamil Dengan Augmented Reality Berbasis Android. Jurnal Informatika Dan Rekayasa Perangkat Lunak, 2(4), 514–525.

Kurniawan, M. (2021). Aplikasi Pencarian Sekolah Berbasis Android (Studi Kasus: Smp Di Kota Bandar Lampung). Jurnal Informatika Dan Rekayasa Perangkat …, 2(2), 169–179.

Kurniawati, R. D., & Ahmad, I. (2021). Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Kelayakan Usaha Mikro Kecil Menengah Dengan Menggunakan Metode Profile Matching Pada Uptd Plut Kumkm Provinsi Lampung. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi (JTSI), 2(1), 74–79.

Kusumo, C. S. H. (2021). Optimalisasi Antrian Perawatan Mobil Ford Menggunakan Model Single Channel Single Phase ( SCSP ) ( Studi Kasus Bengkel September Auto Service Bandar Lampung ). Jurnal Informatika Dan Rekayasa Perangkat Lunak (JATIKA), 1(1), 1–10.

Latifah, A., Tresnawati, D., & Sanjaya, H. (2022). Media Pembelajaran Menggunakan Teknologi Augmented Reality untuk Tanaman Daun Herbal. Jurnal Algoritma, 19(2), 515–526. https://doi.org/10.33364/algoritma/v.19-2.1138

Lestari, G., & Puspaningrum, A. S. (2021). Karyawan Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process ( Ahp ) Studi Kasus : Pt Mutiara Ferindo Internusa. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi (JTSI), 2(3), 38–48.

Lestari, G., & Savitri Puspaningrum, A. (2021). Sistem Pendukung Keputusan Pemberian Tunjangan Karyawan Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process (Ahp) Studi Kasus: Pt Mutiara Ferindo Internusa. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi (JTSI), 2(3), 38–48.

Listiani Umar, T. (2021). Perancangan Sistem Informasi Geografis Tempat Bersalin Berbasis Mobile. Jurnal Informatika Dan Rekayasa Perangkat Lunak (JATIKA), 2(2), 221–229.

Listiono, E. D., Surahman, A., & Sintaro, S. (2021). Ensiklopedia Istilah Geografi Menggunakan Metode Sequential Search Berbasis Android Studi Kasus : Sma Teladan Way Jepara Lampung Timur. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi (JTSI), 2(1), 35.

Lukman, R., Fernando, Y., & Jayadi, A. (2023). Perancangan Alat Pakan Bebek Otomatis Terjadwal Berbasis Arduino Uno Dengan Penjadwalan Android. Jurnal Informatika Dan Rekayasa Perangkat Lunak (JATIKA), 4(1), 10–21.

Maharil, A. (2022). Perbandingan Arsitektur Vgg16 Dan Resnet50 Untuk Rekognisi Tulisan Tangan Aksara Lampung. Jurnal Informatika Dan Rekayasa Perangkat Lunak (JATIKA), 3(2), 236–243.

Mahendra, D., & Setiawansyah, A. T. P. (2022). Perancangan Dan Implementasi Sistem Inventaris Barang Menggunakan Metode Web Engineering (Studi Kasus: Smk Trisakti Jaya …. Jurnal Teknologi Dan Sistem …, 3(2), 33–37.

Maliki, M. I. (2021). Rancang Bangun Aplikasi Penjualan Grosir Sembako Pada Toko LA-RIS. Jurnal Informatika Dan Rekayasa Perangkat Lunak, 2(3), 304–311. https://doi.org/10.33365/jatika.v2i3.1222

Marlina, D., & Bakri, M. (2021). Penerapan Data Mining Untuk Memprediksi Transaksi Nasabah Dengan Algoritma C4.5. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi (JTSI), 2(1), 23–28.

Martadala, D. A., Neneng, Susanto, E. R., & Ahmad, I. (2021). Model Desa Cerdas Dalam Pelayanan Administrasi (Studi Kasus: Desa Kotabaru Barat Kecamatan Martapura Kabupaten Oku Timur). Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi (JTSI), 2(2), 40–51.

Megawaty, D. A., & Putra, M. E. (2020). Aplikasi Monitoring Aktivitas Akademik Mahasiswa Program Studi Informatika Universitas Xyz Berbasis Android. Jurnal Informatika Dan Rekayasa Perangkat Lunak, 1(1), 65–74. https://doi.org/10.33365/jatika.v1i1.177

Meilinda, I. (2022). Jurnal Informatika dan Rekayasa Perangkat Lunak (JATIKA) RANCANG BANGUN SISTEM E-COMMERCE MENGGUNAKAN METODE MARKETING MIX UNTUK MEMPERLUAS PANGSA PASAR PADA TOKO DEWI LAMPUNG SELATAN. 3(4), 446–452.

Mindhari, A., Yasin, I., & Isnaini, F. (2020). Perancangan Pengendalian Internal Arus Kas Kecil Menggunakan Metode Imprest ( Studi Kasus : Pt Es Hupindo). Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi, 1(2), 58–63. https://doi.org/10.33365/jtsi.v1i2.391

Muhammad Azizi, A., Korespondensi, P., & Ariany, F. (2023). Sistem Informasi Pengajuan Cuti Pegawai Menggunakan Metode Pengujian Iso 25010 (Study Kasus : Pt Mutiara Ferindo Internusa). 4(3), 326–334. https://doi.org/10.33365/jatika.v4i3.3721

Nabila Nasoba, N., Adrian, Q. J., & Megawati, D. A. (2021). Implementasi Teknologi Augmented Reality Sebagai Media Promosi Interaktif Pada Toko Sunny Meubel Di Kota Metro Berbasis Android. Jurnal Informatika Dan Rekayasa Perangkat Lunak (JATIKA), 2(4), 570–583.

Nabila, Z., Rahman Isnain, A., & Abidin, Z. (2021). Analisis Data Mining Untuk Clustering Kasus Covid-19 Di Provinsi Lampung Dengan Algoritma K-Means. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi (JTSI), 2(2), 100.

Nasyiah, A. (2022). Game Multi-Platfrom Untuk Adab Dan Akhlak Anak Muslim Menggunakan Metode Game Development Live Cycle (Gdlc). Jurnal Informatika Dan Rekayasa Perangkat Lunak (JATIKA), 3(3), 254–265.

Novitasari, Y. S., Adrian, Q. J., & Kurnia, W. (2021). Rancang Bangun Sistem Informasi Media Pembelajaran Berbasis Website ( Studi Kasus : Bimbingan Belajar De Potlood ). Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi (JTSI), 2(3), 136–147.

Nozari, A. A. (2020). Interface Data Sistem ERP SAP Dan Aplikasi Android Di Server Hosting Menggunakan Flat File (Studi Kasus: Aplikasi Mobile Populasi Sapi Pada PT. Great Giant Livestock). Jurnal Informatika Dan Rekayasa Perangkat Lunak, 1(2), 158–166. https://doi.org/10.33365/jatika.v1i2.362

Nugraha, F. D., Ahdan, S., & Samsugi, S. (2021). Sistem Penghitungan Kecepatan Atlet Sepatu Roda Freestyle Pada Kategori Speed Slalom Berbasis Iot (Studi Kasus Sepatu Roda Wheeling Lampung). Jurnal Informatika Dan Rekayasa Perangkat Lunak (JATIKA), 1(2), 67–75.

Nur, A. (2021). Pasien Berbasis Mobile ( Studi Kasus : Klinik Bersalin Nurhasanah ). Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi (JTSI), 2(2), 1–6.

Nur Cahya, T., & Suaidah. (2021). Sistem Pendukung Keputusan Untuk Pemilihan Supplier Fasilitas Rumah Sakit Menggunakan Metode Profile Matching. Jurnal Informatika Dan Rekayasa Perangkat Lunak (JATIKA), 2(1), 110–121.

Nuraini, N., & Ahmad, I. (2021). Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian Menggunakan Metode Key Performance Indicator Untuk Rekomendasi Kenaikan Jabatan (Studi Kasus: Kejaksaan Tinggi Lampung). Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi (JTSI), 2(3), 81.

Nuralim, R., Budiman, A., & Sucipto, A. (2021). RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PEMBELAJARAN ONLINE PADA SMK TRISAKTI JAYA BANDAR LAMPUNG. Jurnal Informatika Dan Rekayasa Perangkat Lunak (JATIKA), 2(4), 541–551.

Nurul Arifah, S., & Fernando, Y. (2022). Upaya Meningkatkan Citra Diri Melalui Game Edukasi Pengembang Kepribadian Berbasis Mobile. Jurnal Informatika Dan Rekayasa Perangkat Lunak (JATIKA), 3(3), 295–315.

Oktavia, W., & Sucipto, A. (2021). Rancang Bangun Aplikasi E-Marketplace untuk Produk Titik Media Reklame Perusahaan Periklanan (Studi Kasus: P3I Lampung). Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi (JTSI), 2(2), 8–14.

Pamungkas, T. K., Surahman, A., & Abidin, Z. (2023). Desain Interaksi Game Belajar Aksara Lampung Bersama Muli Dengan Metode Collision Detection. Jurnal Informatika Dan Rekayasa Perangkat Lunak (Jatika), 4(1), 96–102.

Panjaitan, F., Surahman, A., & Rosmalasari, T. D. (2020). Analisis Market Basket Dengan Algoritma Hash-Based Pada Transaksi Penjualan (Studi Kasus: Tb. Menara). Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi, 1(2), 111–119. https://doi.org/10.33365/jtsi.v1i2.450

Parjito, Rakhmawati, O., & Ulum, F. (2022). Rancang Bangun Aplikasi E-Agribisnis Untuk Meningkatkan Penjualan Hasil Tanaman Hortikultura. Jurnal Informatika Dan Rekayasa Perangkat Lunak (JATIKA), 3(3), 354–365.

Permata, P. (2020). IMPLEMENTASI E-COMMERCE DENGAN CONTENT MANAGEMENT SYSTEM (CMS) OSCOMMERCE PADA SITUS PENJUALAN (Studi Kasus : Toko Cahaya Komputer). Jurnal Informatika Dan Rekayasa Perangkat Lunak, 1(1), 58–64. https://doi.org/10.33365/jatika.v1i1.159

Polanco, S. C., & Priadika, A. T. (2022). Rancang Bangun Aplikasi E-Marketing Berbasis Web Menggunakan Metode Sostac (Studi Kasus: Pt. Dimitra Adi Wijaya Bandar Lampung). Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi (JTSI), 3(1), 71–76.

Prabandanizwaransa, I. P., Ahmad, I., & Susanto, E. R. (2023). Implementasi Metode Extreme Programming Untuk Sistem Pengajuan Tempat PKL Berbasis Web. Jurnal Informatika Dan Rekayasa Perangkat Lunak (JATIKA), 1(2), 221–227.

Prabowo, A., & Darwis, D. (2022). Implementasi Algoritma Levensthein Distance Guna. 3(1), 57–65.

Prabowo, & Damayanti. (2021). E-marketing jasa laundry dengan metode SOSTAC. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi (JTSI), 2(4), 1–6.

Pradana, N. (2020). Aplikasi Pemesanan Catering Di Kota Bandar Lampung Berbasis Web. Jurnal Informatika Dan Rekayasa Perangkat Lunak, 1(2), 215–225. https://doi.org/10.33365/jatika.v1i2.611

Pramesti, A. G., Adrian, Q. J., & Fernando, Y. (2022). Perancangan Ui/Ux Pada Aplikasi Pemesanan Buket Menggunakan Metode User Centered Design (Studi Kasus: Bouquet Lampung). Jurnal Informatika Dan Rekayasa Perangkat Lunak (JATIKA), 3(2), 179–184.

Pramono, S., Ahmad, I., & Borman, R. I. (2020). Analisis Potensi Dan Strategi Penembaan Ekowisata Daerah Penyanga Taman Nasional Way Kambas. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi, 1(1), 57–67. https://doi.org/10.33365/jtsi.v1i1.208

Pratama, A. H. (2022). Rancang Bangun Aplikasi Monitoring Dan Evaluasi Pelanggaran Siswa Pada Smp Negeri 20 Bandar Lampung Berbasis Web. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi (JTSI), 3(4), 63–68.

Pratama, B., & Priandika, A. T. (2020). Sistem Informasi Location Based Service Sentra Keripik Kota Bandar Lampung Berbasis Android. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi, 1(1), 81–89. https://doi.org/10.33365/jtsi.v1i1.237

Pratama, R. A. (2021). Analisis Pengguna Shopeepay Dan Gopay Pada Masa Pandemi Covid-19 Dengan Model Tam. Jurnal Informatika Dan Rekayasa Perangkat Lunak, 2(4), 1–10.

Pratama, R. R., & Surahman, A. (2021). Perancangan Aplikasi Game Fighting 2 Dimensi Dengan Tema Karakter Nusantara Berbasis Android Menggunakan Construct 2. Jurnal Informatika Dan Rekayasa Perangkat Lunak, 1(2), 234–244. https://doi.org/10.33365/jatika.v1i2.619

Pratama, T., Rahmanto, Y., & Putra, A. D. (2022). Aplikasi Pembelajaran Hewan Reptil Berbasis Augmented Reality. Jurnal Informatika Dan Rekayasa Perangkat Lunak (JATIKA), 3(1), 73–76.

Prayoga, W. D., Bakri, M., & Rahmanto, Y. (2020). Aplikasi Perpustakaan Berbasis OPAC (Online Public Access Catalog) di SMK N 1 Talangpadang. Jurnal Informatika Dan Rekayasa Perangkat Lunak, 1(2), 183–191. https://doi.org/10.33365/jatika.v1i2.552

Pujianto, I. (2021). Uji Ketahanan Citra Digital Terhadap Manipulasi Robustness Pada Steganography. Jurnal Informatika Dan Rekayasa Perangkat Lunak, 2(1), 16–27.

Purwanto, D. (2021). Perancangan Sistem Informasi Manajemen Berbasis web pada Bimbingan Belajar Creative Solution. Jurnal Informatika Dan Rekayasa Perangkat Lunak (JATIKA), 2(2), 180–187.

Puspitasari, M., & Budiman, A. (2021). Perancangan Sistem Informasi Manajemen Perpustakaan Menggunakan Metode Fast (Framework for the Application System Thinking) (Studi Kasus : Sman 1 Negeri Katon). Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi (JTSI), 2(2), 69–77.

Putra, D. P. (2021). Analisis Keamanan Voice Over Internet Protocol (Voip) Over Virtual Private Network (Vpn). Jurnal Informatika Dan Rekayasa Perangkat Lunak, 2(3), 324–333. https://doi.org/10.33365/jatika.v2i3.1232

Putra, I. P., Neneng, & Megawaty, D. A. (2023). Sistem Informasi Geografis Untuk Pemetaan Jalur Evakuasi Bencana Tsunami Di Desa Way Muli Kabupaten Lampung Selatan. Jurnal Informatika Dan Rekayasa Perangkat Lunak (JATIKA), 4, 67–73.

Putra Setiawan, R. (2021). Sistem Informasi Manajemen Presensi Siswa Berbasis Mobile Study Kasus SMA N 1 Sungkai Utara Lampung Utara. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi (JTSI), 2(3), 119–124.

Putri, B. M. (2023). Sistem Informasi Pelayanan Administrasi Kepegawaian Daerah Kabupaten Pringsewu Berbasis Website (Studi Kasus Bkpsdm Kabupaten Pringsewu). Jurnal Informatika Dan Rekayasa Perangkat Lunak, 4(September), 342–348.

Putri, S. eka Y. (2020). Penerapan Model Naive Bayes Untuk Memprediksi Potensi Pendaftaran Siswa Di Smk Taman Siswa Teluk Betung Berbasis Web. Jurnal Informatika Dan Rekayasa Perangkat Lunak, 1(1), 93–99. https://doi.org/10.33365/jatika.v1i1.228

Putri, S. Y. (2020). Sistem Informasi Pengelolaan Pembayaran Sewa Penginapan Hostel Pada Bait Sa’Da. Jurnal Informatika Dan Rekayasa Perangkat Lunak, 1(2), 167–173. https://doi.org/10.33365/jatika.v1i2.562

Qadafi, A. F., & Wahyudi, A. D. (2020). Sistem Informasi Inventory Gudang Dalam Ketersediaan Stok Barang Menggunakan Metode Buffer Stok. Jurnal Informatika Dan Rekayasa Perangkat Lunak, 1(2), 174–182. https://doi.org/10.33365/jatika.v1i2.557

Qomariah, L., & Sucipto, A. (2021). Sistem Infomasi Surat Perintah Tugas Menggunakan Pendekatan Web Engineering. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi (JTSI), 2(1), 86–95.

Qoniah, I., & Priandika, A. T. (2020). Analisis Market Basket Untuk Menentukan Asossiasi Rule Dengan Algoritma Apriori (Studi Kasus: Tb.Menara). Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi, 1(2), 26–33. https://doi.org/10.33365/jtsi.v1i2.368

Rahmadani, E. L., Sulistiani, H., & Hamidy, F. (2020). Rancang Bangun Sistem Informasi Akuntansi Jasa Cuci Mobil (Studi Kasus : Cucian Gading Putih). Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi, 1(1), 22–30. https://doi.org/10.33365/jtsi.v1i1.53

Rahmadhani, T., & Isnaini, F. (2021). Sistem Informasi Akuntansi Pendapatan Perusahaan (Studi Kasus: Pt Mutiara Ferindo Internusa). Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi (JTSI), 2(4), 16–21.

Rahmansyah, A. I., & Darwis, D. (2020). Sistem Informasi Akuntansi Pengendalian Internal Terhadap Penjualan (Studi Kasus : Cv. Anugrah Ps). Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi, 1(2), 42–49. https://doi.org/10.33365/jtsi.v1i2.388

Ramadhan, R. G., & Surahman, A. (2023). Media Pembelajaran Aksara Jepang Berbasis Android untuk Siswa SMA Kelas X. Jurnal Informatika Dan Rekayasa Perangkat Lunak (JATIKA), 4(September), 246–252.

Ramadhanu, P. B., & Priandika, A. T. (2021). Rancang Bangun Web Service Api Aplikasi Sentralisasi Produk Umkm Pada Uptd Plut Kumkm Provinsi Lampung. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi (JTSI), 2(1), 59–64.

Ratna Sari, D. (2021). E-Tourism Kebudayaan Dan Pariwisata Kabupaten Pesisir Barat. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi (JTSI), 2(4), 62–67.

Rembulan, R. R. (2020). Aplikasi Virtual Tour Islamic Center Berbasis Android. Jurnal Informatika Dan Rekayasa Perangkat Lunak, 1(2), 203–214. https://doi.org/10.33365/jatika.v1i2.596

Reza, F., & Putra, A. D. (2021). Sistem Informasi E-Smile (Elektronic Service Mobile) (STUDI KASUS: DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN KABUPATEN TULANG BAWANG). Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi (JTSI), 2(3), 56–65.

Riadi, S., & Ulum, F. (2021). Analisis Penerapan Algoritma First Come First Served (Fcfs) Dalam Proses Pesanan Pada Aplikasi Gojek. Jurnal Informatika Dan Rekayasa Perangkat Lunak (JATIKA), 2(2), 268–275.

Rianto, N. (2022). Rancang Bangun Sistem Informasi Pemesanan Paket Umroh Berbasis Web (Study Kasus: Pt Bunda Asri Lestari). Jurnal Informatika Dan Rekayasa Perangkat Lunak, 3(4), 462–468.

Rianto, N., Sucipto, A., & Dedi Gunawan, R. (2021). Pengenalan Alat Musik Tradisional Lampung Menggunakan Augmented Reality Berbasis Android (Studi Kasus: SDN 1 Rangai Tri Tunggal Lampung Selatan). Jurnal Informatika Dan Rekayasa Perangkat Lunak (JATIKA), 2(1), 64–72.

Ridha Permana, J., & Savitri Puspaningrum, A. (2021). Implementasi Metodologi Web Development Life Cycle Untuk Membangun Sistem Perpustakaan Berbasis Web (Studi Kasus: Man 1 Lampung Tengah). Jurnal Informatika Dan Rekayasa Perangkat Lunak (JATIKA), 2(4), 435–446.

Ridho Handoko, M. (2021). Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Selama Kehamilan Menggunakan Metode Naive Bayes Berbasis Web. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi (JTSI), 2(1), 50–58.

Risti, E. A. (2022). Implementasi Pengolahan Sistem Penjualan Furniture Menggunakan Metode Design Thinking (Studi Kasus : Furniture Jati Sungu Bandar Lampung). Jurnal Informatika Dan Rekayasa Perangkat Lunak, 3(4), 435–4459.

Riswanda, D., & Priandika, A. T. (2021). Analisis Dan Perancangan Sistem Informasi Manajemen Pemesanan Barang Berbasis Online. Jurnal Informatika Dan Rekayasa Perangkat Lunak, 2(1), 94–101.

Riyandana, E., Ghufroni, M., Ars, A., & Surahman, A. (2022). Rancang Bangun Aplikasi Game Edukasi Kosakata Baku Dalam Bahasa Indonesia Di Tingkat Sekolah Dasar (Studi Kasus Sd Negeri 1 Way Petai Lampung Barat). Jurnal Informatika Dan Rekayasa Perangkat Lunak (JATIKA), 3(2), 213–225.

Rohman, F. (2021). Implementasi Augmented Reality Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran Gerak Dasar Tari Sigeh Pengunten. Jurnal Informatika Dan Rekayasa Perangkat Lunak, 2(4).

Rowansyah, R. O., Ariany, F., & Wahyudi, A. D. (2021). E-Commerce Alat-Alat Konstruksi Pada Pt . Karya AGT Konstruksi Berbasis Website’. Jurnal Informatika Dan Rekayasa Perangkat Lunak (JATIKA), 1(2), 421–434.

Rozak, I. (2021). Analisis Dan Perancangan Sistem Informasi Geografis Pemetaan Hama Tanaman Padi. Jurnal Informatika Dan Rekayasa Perangkat Lunak, 2(3), 375–381. https://doi.org/10.33365/jatika.v2i3.1239

Rozi Astino, Y., Korespondensi, P., & Pitsalitz Sabandar, V. (2022). Pengembangan Dan Penerapan Sistem Computer Assisted Test (CAT) Untuk Mengelola Ujian Berbasis Website. Jurnal Informatika Dan Rekayasa Perangkat Lunak (JATIKA), 5(3), 253–259.

Sahdilla, A. (2021). Perancangan Sistem Informasi Penjualan Obat Pada Apotek Dian Berbasis Web. Informatika, 9(2), 83–89. https://doi.org/10.36987/informatika.v9i2.2192

Sanjaya, E. (2020). Analisis Implementasi Metode Sprint dalam Pengembangan Aplikasi Multiplatform. Jurnal Informatika Dan Rekayasa Perangkat Lunak, 1(1), 83–92. https://doi.org/10.33365/jatika.v1i1.227

Saputra, A. D., & Borman, R. I. (2020). Sistem Informasi Pelayanan Jasa Foto Berbasis Android (Studi Kasus: Ace Photography Way Kanan). Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi, 1(2), 87–94. https://doi.org/10.33365/jtsi.v1i2.420

Saputra, A., & Puspaningrum, A. S. (2021). Sistem Informasi Akuntansi Hutang Menggunakan Model Web Engineering (Studi Kasus : Haanhani Gallery). Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi (JTSI), 2(1), 1–7.

Saputra, B., & Lathifah, L. (2023). Sistem Pembelajaran Daring Di SMP N 1 Air Naningan. Jurnal Informatika Dan Rekayasa …, 4, 129–134.

Saputra, F., Pajar, M., Putra, K., & Rahman Isnain, A. (2023). Rancang Bangun Sistem Informasi Pengelolaan Data Alumni Di SMA Negeri 1 Gedong Tataan. Jurnal Informatika Dan Rekayasa Perangkat Luna, 4, 60–66.

Saputra, R. (2022). Aplikasi Edukasi Teknik Senam Yoga Berbasis Android. Jurnal Informatika Dan Rekayasa Perangkat Lunak (JATIKA), 3(4), 453–461.

Saputra, R. A., Parjito, P., & Wantoro, A. (2020). Implementasi Metode Jeckson Network Queue Pada Pemodelan Sistem Antrian Booking Pelayanan Car Wash (Studi Kasus : Autoshine Car Wash Lampung). Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi, 1(2), 80–86. https://doi.org/10.33365/jtsi.v1i2.433

Sari, A., & Adrian, Q. J. (2020). Implementasi Augmented Reality Pada Buku “the Art of Animation: 12 Principles.” Jurnal Informatika Dan Rekayasa Perangkat Lunak, 1(1), 109–119. https://doi.org/10.33365/jatika.v1i1.230

Sari, R., & Hamidy, F. (2021). Sistem Informasi Akuntansi Perhitungan Harga Pokok Produksi Pada Konveksi Sjm Bandar Lampung. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi (JTSI), 2(1), 65–73.

Satria, R., Ahmad, I., & Dedi Gunawan, R. (2023). Rancang Bangun E-Marketplace Berbasis Mobile Untuk Meningkatkan Pelayanan Penjualan. Jurnal Informatika Dan Rekayasa Perangkat Lunak, 4(1), 89–95. https://doi.org/10.33365/jatika.v4i1.2457

Satya Marga, N., Rahman Isnain, A., & Alita, D. (2021). Sentimen Analisis Tentang Kebijakan Pemerintah Terhadap Kasus Corona Menggunakan Metode Naive Bayes. Jurnal Informatika Dan Rekayasa Perangkat Lunak (JATIKA), 453(4), 453–463.

Sekar Ayu, N., Redy Susanto, E., & Muhaqiqin. (2022). Rancang Bangun Website Sistem Informasi Manajemen Sewa Lapangan Futsal Damai Futsal Lampung. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi (JTSI), 3(4), 1–6.

Septiani, M., & Abidin, Z. (2021). Pengenalan Pola Batik Lampung Menggunakan Metode Principal Component Analysis. Jurnal Informatika Dan Rekayasa Perangkat Lunak (JATIKA), 2(4), 552–558.

Septilia, H. A., Parjito, P., & Styawati, S. (2020). Sistem Pendukung Keputusan Pemberian Dana Bantuan Menggunakan Metode Ahp. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi, 1(2), 34–41. https://doi.org/10.33365/jtsi.v1i2.369

Setiadi, A. (2021). Implementasi Game Permainan Timun Emas Berbasis Android. Jurnal Informatika Dan Rekayasa Perangkat Lunak, 2(3), 407–413. https://doi.org/10.33365/jatika.v2i3.1253

Setiawan, A., & Pasha, D. (2020). Sistem Pengolahan Data Penilaian Berbasis Web Menggunakan Metode Piecies. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi, 1(1), 97–104. https://doi.org/10.33365/jtsi.v1i1.225

Setiawan, A., Samsugi, S., & Alita, D. (2023). Rancang Bangun Sistem Informasi Akademik SMK TAMAN SISWA 1 Tanjung Karang BERBASIS WEB. Jurnal Informatika Dan Rekayasa Perangkat Lunak (Jatika), 4(1), 53–59.

Setiawan, W., Dwi Putra, A., & Permata. (2023). Sistem Informasi Pemesanan Jasa Percetakan Berbasis Web (Pada CV Mitra Jaya). Jurnal Informatika Dan Rekayasa, 4, 113–118.

Setiawansyah, Lestari, D. T., & Megawaty, D. A. (2022). Sistem Informasi Pkk Berbasis Website Menggunakan Framework Codeigniter (Studi Kasus Kampung Purwoejo). Jurnal Informatika Dan Rekayasa Perangkat Lunak (JATIKA), 3(2), 244–253.

Sintaro, S. (2020). Rancang Bangun Game Edukasi Tempat Bersejarah Di Indonesia. Jurnal Informatika Dan Rekayasa Perangkat Lunak, 1(1), 51–57. https://doi.org/10.33365/jatika.v1i1.153

Sitinjak, P. A., & Ghufroni An, M. (2022). Arsitektur Enterprise Sistem Informasi Penerimaan Siswa Baru (Studi Kasus: Smp Kristen 2 Bandar Jaya). Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi (JTSI), 3(1), 1–11.

Siyasih, F. (2021). Rancang Bangun Sistem Perpustakaan Digital (Studi Kasus : Smk 1 Bandar Lampung). Jurnal Informatika Dan Rekayasa Perangkat Lunak, 2(3), 368–374. https://doi.org/10.33365/jatika.v2i3.1238

Soraya, A., & Wahyudi, A. D. (2021). Rancang Bangun Aplikasi Penjualan Dimsum Berbasis Web (Studi Kasus: Kedai Dimsum Soraya). Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi (JTSI), 2(4), 43–48.

Sri Wahyuni, D., & Ayu Megawaty, D. (2021). Rancang Bangun Sistem Pendukung Keputusan Berbasis Web Untuk Pemilihan Perumahan Siap Huni Menggunakan Metode Ahp (Studi Kasus: Pt Aliquet and Bes). Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi (JTSI), 2(4), 22–28.

Suaidah, S., & Suaidah, S. (2020). Sistem Pendukung Keputusan Pengujian Kelayakan Angkutan Umum Pada Dinas Perhubungan Lampung Tengah. Jurnal Informatika Dan Rekayasa Perangkat Lunak, 1(1), 1–8. https://doi.org/10.33365/jatika.v1i1.144

Suherman, B. B. (2021). Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Dan Hama Pada Tanaman Jagung Menggunakan Metode Naive Bayes. Jurnal Informatika Dan Rekayasa Perangkat Lunak, 2(3), 390–398. https://doi.org/10.33365/jatika.v2i3.1251

Sulastio, B. S., Anggono, H., & Putra, A. D. (2021). Sistem Informasi Geografis untuk Menentukan Lokasi Rawan Macet di Jam Kerja pada Kota Bandar Lampung pada Berbasis Android. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi (JTSI), 2(1), 104–111.

Sulistiani, H. (2020). Rancang Bangun Aplikasi Presensi Sms Gateway Berbasis Web Dengan Framework Codeigniter Pada Smkn 1 Trimurjo. Jurnal Informatika Dan Rekayasa Perangkat Lunak, 1(1), 43–50. https://doi.org/10.33365/jatika.v1i1.152

Sulistiani, H., Susanto, E. R., & ... (2022). Analisis Pendukung Keputusan Memilih Cms E-Commerce Pada Umkm Orbs. Jurnal Informatika …, 3(3), 347–353.

Supriyadi, E., Susanto, E. R., & Priandika, A. T. (2022). Implementasi Metode Analitical Hirarchy Process. 3(1), 43–56.

Supriyanto, J., Alita, D., & Rahman Isnain, A. (2023). Penerapan Algoritma K-Nearest Neighbor (K-NN) Untuk Analisis Sentimen Publik Terhadap Pembelajaran Daring. Jurnal Informatika Dan Rekayasa Perangkat Lunak (Jatika), 4(1), 74–80.

Suri, M. I., & Puspaningrum, A. S. (2020). Sistem Informasi Manajemen Berita Berbasis Web. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi, 1(1), 8–14. https://doi.org/10.33365/jtsi.v1i1.128

Suzana, A. M. (2021). Analisis Dan Perancangan Aplikasi Pemesanan Tiket Bus Berbasis Android. Jurnal Informatika Dan Rekayasa Perangkat Lunak, 2(3), 353–360. https://doi.org/10.33365/jatika.v2i3.1235

Swasono, M. A., & Prastowo, A. T. (2021). Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Pengendalian Barang. JATIKA (Jurnal Informatika Dan Rekayasa Perangkat Lunak), 2(1), 134–143.

Syah, S. (2020). Pemanfaatan Teknologi Augmented Realityuntuk Pengenalan Pahlawan Indonesia Dengan Marker Uang Kertas Indonesia. Jurnal Informatika Dan Rekayasa Perangkat Lunak, 1(1), 9–16. https://doi.org/10.33365/jatika.v1i1.114

Syaputra, R., & Budiman, A. (2021). Pengembangan Sistem Pembelajaran Dalam Jaringan (Studi Kasus: Sman 1 Gedong Tataan). Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi (JTSI), 2(3), 89–101.

Syihabuddin, A., & Abidin, Z. (2020). Sistem Monitoring Dan Evaluasi Nilai Siswa Berbasis Dashboard Berdasarkan Key Performance Indicator (Studi Kasus : Smp Kartika Ii-2 Bandarlampung). Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi, 1(2), 17–25. https://doi.org/10.33365/jtsi.v1i2.360

Tanthowi, A. (2021). Implementasi Sistem Informasi Pembayaran Berbasis SMS Gateway. Jurnal Informatika Dan Rekayasa Perangkat Lunak (JATIKA), 2(2), 188–195.

Teknologi, J., Jtsi, I., Rahman, A., Ahmad, I., Oktaviansyah, A. F., Informasi, S., Teknik, F., Universitas, K., & Indonesia, T. (2022). PERANCANGAN SISTEM INFORMASI ADMINISTRASI PENDUDUK UNTUK VALIDITAS DATA KEPENDUDUKAN MENGGUNAKAN FRAMEWORK CODEIGNITER 4 ( STUDI KASUS : DESA BRANTI RAYA , NATAR ). Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi (JTSI), 3(4), 69–79.

Tinambunan, M., & Sintaro, S. (2021). Aplikasi Restfull Pada Sistem Informasi Geografis Pariwisata Kota Bandar Lampung. Jurnal Informatika Dan Rekayasa Perangkat Lunak, 2(3), 312–323. https://doi.org/10.33365/jatika.v2i3.1230

Tri Yulianti, D., & Tri Prastowo, A. (2021). Pengembangan Digitalisasi Perawatan Kesehatan Pada Klink Pratama Sumber Mitra Bandar Lampung. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi (JTSI), 2(2), 32–39.

Triatama, K., Savitri, A., Sintaro, S., & Takaendengan, M. I. (2023). Rancang Bangun Sistem Informasi Nilai Akhir Siswa Berbasis Web Menggunakan Extreme Programming. Jurnal Informatika Dan Rekayasa Perangkat Lunak (Jatika), 4, 135–140.

Triyono, A., & Najib Dwi Satria, M. (2021). Aplikasi Pembelajaran Biologi Tentang Tanaman Berbasis Augmented Reality Untuk Kelas XI. Jurnal Informatika Dan Rekayasa Perangkat Lunak (JATIKA), 2(1), 39–53.

Triyono, A., & Satria, M. N. D. (2021). Berbasis Augmented Reality Untuk Kelas Xi. 2(1), 39–53.

Ulama, E., Priandika, A. T., & Ariany, F. (2022). Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Sapi Siap Jual (Ternak Sapi Lembu Jaya Lestari Lampung Tengah) Menggunakan Metode Saw. Jurnal Informatika Dan …, 3(2), 138–144.

Wahyuddin, R., Sucipto, A., & Susanto, T. (2022). Pemanfaatan Teknologi Augmented Reality Dengan Metode Multiple Marker Pada Pengenalan Komponen Komputer. Jurnal Informatika Dan Rekayasa Perangkat Lunak, 3(3), 278–285.

Wardani, K. N. Y. (2021). Penerapan Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Tumbuhan Bunga Langka Di Lindungi (Studi Kasus: Kelas Iv Sdn 03 Sidodadi). Jurnal Informatika Dan Rekayasa Perangkat Lunak (JATIKA), 2(4), 473–490.

Warsela, M., Wahyudi, A. D., & Sulistiyawati, A. (2021). Penerapan Customer Relationship Management Untuk Mendukung Marketing Credit Executive (Studi Kasus: Pt Fif Group). Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi (JTSI), 2(2), 78.

Wibowo, D. O., & Thyo Priandika, A. (2021). Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Gedung Pernikahan Pada Wilayah Bandar Lampung Menggunakan Metode TOPSIS. Jurnal Informatika Dan Rekayasa Perangkat Lunak (JATIKA), 2(1), 73–85.

Windane, W. W., & Lathifah, L. (2021). E-Commerce Toko Fisago.Co Berbasis Android. Jurnal Informatika Dan Rekayasa Perangkat Lunak, 2(3), 285–303. https://doi.org/10.33365/jatika.v2i3.1139

Wulan, R. N., & Putra, A. D. (2022). Rancang Bangun Aplikasi Booking Gedung Berbasis Web (Studi Kasus : Gsg Purwodadi Tanggamus). Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi (JTSI), 3(4), page-page.

Wulandari, A., & Fakhrurozi, J. (2021). Analisis Dan Perancangan Sistem Informasi Manajemen Berita Hasil Liputan Wartawan Berbasis Web (Stusi Kasus: Pwi Lampung). Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi (JTSI), 2(4), 49–55.

Yana, S., Gunawan, R. D., & Budiman, A. (2021). Sistem Informasi Pelayanan Distribusi Keuangan Desa Untuk Pembangunan (Study Kasus : Dusun Srikaya). Jurnal Informatika Dan Rekayasa Perangkat Lunak, 1(2), 254–263. https://doi.org/10.33365/jatika.v1i2.621

Yasin, I., & Shaskya, Q. I. (2020). Sistem Media Pembelajaran Ips Sub Mata Pelajaran Ekonomi Dalam Jaringan Pada Siswa Mts Guppi Natar Sebagai Penunjang Proses Pembelajaran. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi, 1(1), 31–38. https://doi.org/10.33365/jtsi.v1i1.96

Yudiantara, R., budi pamungkas, N., & An, Mg. (2021). Sistem Penilaian Rapor Peserta Didik Berbasis Web Secara Multiuser. Jurnal Informatika Dan Rekayasa Perangkat Lunak (JATIKA), 2(4), 447–453.

Yuliani, T. K., Darma, T., & Sari, R. (2022). Sistem Informasi Akuntansi Keuangan Sekolah (Studi Kasus : Kelompok Bermain Ananda Rasya). Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi (JTSI), 3(4), 1–11.

Yunanto, D. (2021). Game Edukasi Puzzle Rumah Adat Tradisional Indonesia Berbasis Android. Jurnal Informatika Dan Rekayasa Perangkat Lunak, 2(3), 414–420. https://doi.org/10.33365/jatika.v2i3.1254

Yusmaida, Y., Neneng, N., & Ambarwari, A. (2020). Sistem Informasi Pencarian Kos Berbasis Web Dengan Menggunakan Metode Hill Climbing. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi, 1(1), 68–74. https://doi.org/10.33365/jtsi.v1i1.212

Yussandi, R. (2021). Analisis Dan Perancangan Sistem Informasi Simulasi Pengecatan Kendaraan Berbasis Android. Jurnal Informatika Dan Rekayasa Perangkat Lunak, 2(3), 382–389. https://doi.org/10.33365/jatika.v2i3.1240

Zuliansyah, M. R. (2021). Penerapan Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Hewan Langka Di Lindungi Di Indonesia. Jurnal Informatika Dan Rekayasa Perangkat …, 2(1), 1–14.

Downloads

Published

2023-12-28