PEMANFAATAN AUGMENTED REALITY PENGENALAN TUGU YANG ADA PADA KABUPATEN PRINGSEWU MENGGUNAKAN ANDROID

Authors

  • Candra Kurnia Saputra Informatika

Keywords:

Augmented Reality, Pengenalan Tugu, Tiga Dimensi, Android

Abstract

Saat ini sistem operasi android merupakan sistem operasi yang paling populer untuk perangkat genggam mobile. Tentu aplikasi yang bisa di pasang di sistem operasi android yang akan lebih banyak penggunanya. Teknologi saat ini yang sedang berkembang yaitu teknologi augmented reality. Teknologi augmented reality yaitu penggabungan antara objek virtual dan objek nyata. Penggabungan objek virtual dan objek nyata inilah yang akan menghasilkan informasi yang lebih banyak dan lengkap. Informasi yang ada pada Tugu-tugu yang ada pada Kabupaten Pringsewu saat ini hanya memiliki informasi yang sedikit tentang masing-masing tugu. Jika menggunakan Augmented reality, maka informasi tentang Tugu-tugu yang ada pada Kabupaten Pringsewu akan lebih cepat dan banyak yang disajikan kepada pengguna aplikasi.  Pada proses pembuatan sistem aplikasi augmented reality membutuhkan data dan gambar tugu. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data ini yaitu menggunakan metode wawancara dan metode studi pustaka. Penelitian ini bertujuan untuk mempermudah kepada pengguna untuk mendapatkan informasi yang lebih cepat, banyak dan detail tentang tugu-tugu yang ada pada Kabupaten Pringsewu. Dengan adanya sistem aplikasi ini, maka informasi tentang data tugu dapat diakses melalui smartphone.

References

L. Tastilia, D. A. Megawaty, and A. Sulistiyawati, “MENINGKATKAN PELAYANAN TERHADAP SISWA ( STUDY KASUS : SMA PGRI KATIBUNG ),” vol. 3, no. 2, pp. 63–69, 2022.

L. Ahluwalia, B. Permatasari, N. Husna, and D. Novita, “Penguatan Sumber Daya Manusia Melalui Peningkatan Keterampilan Pada Komunitas ODAPUS Lampung,” vol. 2, no. 1, pp. 73–80, 2021, doi: 10.23960/jpkmt.v2i1.32.

A. D. Wahyudi, A. Surahman, and ..., “Penerapan Media Promosi Produk E-Marketplace Menggunakan Pendekatan AIDA Model dan 3D Objek,” J. Inform. …, vol. 6, no. 1, pp. 35–40, 2021, [Online]. Available: http://ejournal.poltektegal.ac.id/index.php/informatika/article/view/2304

F. Lestari and S. Puspaningrum, “Pengembangan Denah Sekolah untuk Peningkatan Nilai Akreditasi pada SMA Tunas Mekar Indonesia,” vol. 2, no. 2, pp. 1–10, 2021.

Y. Hartanto, M. A. Firmansyah, and L. Adhrianti, “Implementation Digital Marketing Pesona 88 Curup in to Build Image for the Decision of Visit Tourist Attraction,” Proc. 4th Soc. Humanit. Res. Symp. (SoRes 2021), vol. 658, no. SoRes 2021, pp. 589–594, 2022, doi: 10.2991/assehr.k.220407.121.

D. Melanda, A. Surahman, and T. Yulianti, “Pengembangan Media Pembelajaran IPA Kelas IV Berbasis Web (Studi Kasus : SDN 02 Sumberejo),” J. Teknol. Dan Sist. Inf., vol. 4, no. 1, pp. 28–33, 2023.

M. D. Ria and A. Budiman, “Perancangan Sistem Informasi Tata Kelola Teknologi Informasi Perpustakaan,” J. Inform. dan Rekayasa …, vol. 2, no. 1, pp. 122–133, 2021.

A. R. Isnain and A. D. Putra, “Pengenalan Teknologi Metaverse Untuk Siswa SMK Budi Karya Natar,” vol. 1, no. 3, pp. 132–136, 2023.

S. Sintaro, A. Surahman, L. Andraini, and I. Ismail, “Implementasi Motor Driver Vnh2Sp30 Pada Mobil Remote Control Dengan Kendali Telepon Genggam Pintar,” Jtst, vol. 3, no. 1, pp. 9–16, 2022.

I. Ahmad, A. Febrian, and A. T. Prastowo, “PENERAPAN DAN PENDAMPINGAN SISTEM TRACER STUDY SECARA ONLINE PADA MA MA ’ ARIF 1 PUNGGUR,” vol. 3, no. 1, pp. 277–282, 2022.

A. Sulistiyawati and E. Supriyanto, “Implementasi Algoritma K-means Clustring dalam Penetuan Siswa Kelas Unggulan,” J. Tekno Kompak, vol. 15, no. 2, p. 25, 2021, doi: 10.33365/jtk.v15i2.1162.

A. Damuri, U. Riyanto, H. Rusdianto, and M. Aminudin, “Implementasi Data Mining dengan Algoritma Naïve Bayes Untuk Klasifikasi Kelayakan Penerima Bantuan Sembako,” J. Ris. Komput., vol. 8, no. 6, pp. 219–225, 2021, doi: 10.30865/jurikom.v8i6.3655.

D. Marlina and M. Bakri, “PENERAPAN DATA MINING UNTUK MEMPREDIKSI TRANSAKSI NASABAH DENGAN ALGORITMA C4. 5,” J. Teknol. dan Sist. Inf., vol. 2, no. 1, pp. 23–28, 2021.

S. Informatika, F. Teknik, and U. T. Indonesia, “Pelatihan Penerapan Logika Informatika Sebagai Dasar Algoritma Pemograman di SMKN 7 Bandarlampung,” vol. 1, no. 3, pp. 156–161, 2023.

S. Ahdan and S. Setiawansyah, “Pengembangan Sistem Informasi Geografis Untuk Pendonor Darah Tetap di Bandar Lampung dengan Algoritma Dijkstra berbasis Android,” J. Sains Dan Inform. Res. Sci. Inform., vol. 6, no. 2, pp. 67–77, 2020.

A. D. Putri, H. Kuswoyo, I. Gulo, E. Ngestirosa, and E. G. Febrina, “Pengenalan Wawasan Digital Marketing Bagi Guru SMK N 1 Labuhan Maringgai, Lampung Timur,” J. Soc. Sci. Technol. Community Serv., vol. 4, no. 1, pp. 147–153, 2023, [Online]. Available: https://doi.org/10.33365/jsstcs.v4i1.2666

M. B. Firdaus, E. Budiman, F. E. Pati, A. Tejawati, L. Lathifah, and M. K. Anam, “Penerapan Metode Marker Based Tracking Augmented Reality Pesut Mahakam,” J. Teknoinfo, vol. 16, no. 1, p. 20, 2022, doi: 10.33365/jti.v16i1.1270.

H. Sulistiani, Y. Rahmanto, A. Dwi Putra, and E. Bagus Fahrizqi, “Penerapan Sistem Pembelajaran Dalam Jaringan Untuk Meningkatkan Kualitas Belajar Dalam Menghasilkan Siswa 4.0,” J. Technol. Soc. Community Serv., vol. 2, no. 2, pp. 178–183, 2020, [Online]. Available: https://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/teknoabdimas

A. D. Putri, D. Novita, and S. Maskar, “Pengenalan Wawasan Bisnis Di Era Digital Bagi Siswa/I Smk Yadika Bandarlampung,” J. Soc. Sci. Technol. Community Serv., vol. 3, no. 2, p. 213, 2022, doi: 10.33365/jsstcs.v3i2.2129.

S. D. Putra, R. I. Borman, and G. H. Arifin, “Assessment of Teacher Performance in SMK Informatika Bina Generasi using Electronic-Based Rating Scale and Weighted Product Methods to Determine the Best Teacher Performance,” Int. J. Informatics, Econ. Manag. Sci., vol. 1, no. 1, p. 55, 2022, doi: 10.52362/ijiems.v1i1.693.

F. Isnain, Y. Kusumayuda, and D. Darwis, “Penerapan Model Altman Z-Score Untuk Analisis Kebangkrutan Perusahaan Menggunakan (Sub Sektor Perusahaan Makanan Dan Minuman Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia),” J. Ilm. Sist. Inf. Akunt., vol. 2, no. 1, pp. 1–8, 2022, doi: 10.33365/jimasia.v2i1.1873.

D. Amelia, “UPAYA PENINGKATAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS MELALUI STORYTELLING SLIDE AND SOUND,” J. Soc. Sci. Technol. Community Serv., vol. 2, no. 1, pp. 22–26, 2021.

D. Aminatun, D. Alita, Y. Rahmanto, and A. D. Putra, “Pelatihan Bahasa Inggris Melalui Pembelajaran Interaktif Di Smk Nurul Huda Pringsewu,” J. Eng. Inf. Technol. Community Serv., vol. 1, no. 2, pp. 66–71, 2022.

D. Novianti and A. Setiawan, “Pengaruh Pemangkasan Pucuk dan Jarak Tanam terhadap Pertumbuhan dan Produksi Bibit Ubi Jalar (Ipomoea batatas L.),” Bul. Agrohorti, vol. 6, no. 1, p. 143, 2018, doi: 10.29244/agrob.6.1.143-153.

L. Oktaviani, “Penerapan Sistem Pembelajaran Dalam Jaringan Berbasis Web Pada Madrasah Aliyah Negeri 1 Pesawaran,” J. WIDYA LAKSMI (Jurnal Pengabdi. Kpd. Masyarakat), vol. 1, no. 2, pp. 68–75, 2021.

L. Qomariah and A. Sucipto, “Sistem Infomasi Surat Perintah Tugas Menggunakan Pendekatan Web Engineering,” JTSI-Jurnal Teknol. dan Sist. Inf., vol. 2, no. 1, pp. 86–95, 2021.

Y. Yuliana, P. Paradise, and K. Kusrini, “Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Ispa Menggunakan Metode Naive Bayes Classifier Berbasis Web,” CSRID (Computer Sci. Res. Its Dev. Journal), vol. 10, no. 3, p. 127, 2021, doi: 10.22303/csrid.10.3.2018.127-138.

A. Pratama Zanofa and M. Fahrizal, “Penerapan Bluetooth Untuk Gerbang Otomatis,” Portaldata.org, vol. 1, no. 2, pp. 1–10, 2021.

Y. Rahmanto, “RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN KOPERASI MENGGUNAKAN METODE WEB ENGINEERING (Studi Kasus: Primkop Kartika Gatam),” J. Data Min. dan Sist. Inf., vol. 2, no. 1, pp. 24–30, 2021.

R. Arrahman, “Rancang Bangun Pintu Gerbang Otomatis Menggunakan Arduino Uno R3,” J. Portal Data, vol. 2, no. 2, pp. 1–14, 2022, [Online]. Available: http://portaldata.org/index.php/portaldata/article/view/78

R. Nuraini, “Pendukung Keputusan Pemilihan Vendor IT Menggunakan Metode Perbandingan Eksponensial ( MPE ) Sistem,” vol. 2, 2022.

M. B. Firdaus, D. S. Habibie, F. Suandi, M. K. Anam, and L. Lathifah, “Perancangan Game OTW SARJANA Menggunakan Metode Forward Chaining,” Simkom, vol. 6, no. 2, pp. 66–74, 2021, doi: 10.51717/simkom.v6i2.56.

R. I. Borman, Y. P. Putra, Y. Fernando, D. E. Kurniawan, P. Prasetyawan, and I. Ahmad, “Designing an Android-based Space Travel Application Trough Virtual Reality for Teaching Media,” in 2018 International Conference on Applied Engineering (ICAE), 2018, pp. 1–5.

A. T. Priandika, B. Ulum, A. D. Putra, and D. A. Megawaty, “UMKM Class Determination Support System Using Profile Matching,” vol. 1, no. 2, pp. 46–54, 2022.

L. Andraini, “Pengeimplementasian DevOps Pada Sistem Tertanam dengan ESP8266 Menggunakan Mekanisme Over The Air,” vol. 2, no. 4, pp. 1–10, 2022.

J. R. Permana and A. S. Puspaningrum, “IMPLEMENTASI METODOLOGI WEB DEVELOPMENT LIFE CYCLE UNTUK MEMBANGUN SISTEM PERPUSTAKAAN BERBASIS WEB ( STUDI KASUS : MAN 1 LAMPUNG TENGAH ),” vol. 2, no. 4, pp. 435–446, 2021.

A. T. Priandika and D. Riswanda, “ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PEMESANAN BARANG BERBASIS ONLINE,” J. Inform. dan Rekayasa Perangkat Lunak, vol. 2, no. 1, pp. 94–101, 2021.

A. Nur, “Pasien Berbasis Mobile ( Studi Kasus : Klinik Bersalin Nurhasanah ),” vol. 2, no. 2, pp. 1–6, 2021.

A. R. Isnain, Q. J. Adrian, and A. D. Putra, “Digital Printing Training for Design at Students of SMK Budi Karya Natar,” vol. 1, no. 3, pp. 137–141, 2023.

A. Wantoro and A. Nurmansyah, “Penerapan Augmented Reality (AR) Dengan Kombinasi Teknik Marker Untuk Visualisasi Model Rumah Pada Perum Pramuka Garden Residence,” J. Teknoinfo, vol. 14, no. 2, pp. 95–98, 2020.

Borman;Imam Ahmad; Yuri Rahmanto; Devin Pratama; Rohmat Indra, “Development of augmented reality application for introducing tangible cultural heritages at the lampung museum using the multimedia development life cycle,” Ilk. J. Ilm., vol. 13, no. 2, pp. 187–194, 2021.

Y. Fernando, I. Ahmad, A. Azmi, and R. I. Borman, “Penerapan Teknologi Augmented Reality Katalog Perumahan Sebagai Media Pemasaran Pada PT. San Esha Arthamas,” J-SAKTI (Jurnal Sains Komput. dan Inform., vol. 5, no. 1, pp. 62–71, 2021.

J. D. Gotama, Y. Fernando, and D. Pasha, “Pengenalan Gedung Universitas Teknokrat Indonesia Berbasis Augmented RealiGotama JD, Fernando Y, Pasha D. 2021. Pengenalan Gedung Universitas Teknokrat Indonesia Berbasis Augmented Reality. J Inform Dan Rekayasa Perangkat Lunak. 2(1):28–38.ty,” J. Inform. Dan Rekayasa Perangkat Lunak, vol. 2, no. 1, pp. 28–38, 2021.

I. Ahmad, R. I. Borman, G. G. Caksana, and J. Fakhrurozi, “Penerapan Teknologi Augmented Reality Katalog Perumahan Sebagai Media Pemasaran Pada PT. San Esha Arthamas,” SINTECH (Science Inf. Technol. J., vol. 4, no. 1, pp. 53–58, 2021.

I. Ahmad, S. Samsugi, and Y. Irawan, “Penerapan Augmented Reality Pada Anatomi Tubuh Manusia Untuk Mendukung Pembelajaran Titik Titik Bekam Pengobatan Alternatif,” J. Teknoinfo, vol. 16, no. 1, p. 46, 2022, doi: 10.33365/jti.v16i1.1521.

Y. Rahmanto, J. Alfian, D. Damayanti, and R. I. Borman, “Penerapan Algoritma Sequential Search pada Aplikasi Kamus Bahasa Ilmiah Tumbuhan,” J. Buana Inform., vol. 12, no. 1, p. 21, 2021, doi: 10.24002/jbi.v12i1.4367.

Z. Nabila, A. Rahman Isnain, and Z. Abidin, “ANALISIS DATA MINING UNTUK CLUSTERING KASUS COVID-19 DI PROVINSI LAMPUNG DENGAN ALGORITMA K-MEANS,” J. Teknol. dan Sist. Inf., vol. 2, no. 2, 2021.

S. Febriani and H. Sulistiani, “Analisis Data Hasil Diagnoga Untuk Klasifikasi Gangguan Kepribadian Menggunakan Algoritma C4. 5,” J. Teknol. dan Sist. Inf., vol. 2, no. 4, pp. 89–95, 2021.

A. Rahman Isnain et al., “Sentimen Analisis Publik Terhadap Kebijakan Lockdown Pemerintah Jakarta Menggunakan Algoritma Svm,” Jdmsi, vol. 2, no. 1, pp. 31–37, 2021, [Online]. Available: https://t.co/NfhnfMjtXw

A. Rauf and A. T. Prastowo, “Rancang Bangun Aplikasi Berbasis Web Sistem Informasi Repository Laporan Pkl Siswa (Studi Kasus Smk N 1 Terbanggi Besar),” J. Teknol. dan Sist. Inf., vol. 2, no. 3, p. 26, 2021, [Online]. Available: http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/JTSI

M. Pajar, D. Setiawan, I. S. Rosandi, S. Darmawan, M. P. K. Putra, and S. Darmawan, “Deteksi Bola Multipola Pada Robot Krakatau FC,” pp. 6–9, 2018.

P. Prihananto, S. F. Persada, and I. K. Larasati, “Determinant of Social Media Usage on Organization: Analysis of Millennial Employee of Telecommunication Company in Surabaya,” Benefit J. Manaj. dan Bisnis, vol. 7, no. 1, pp. 9–23, 2022, doi: 10.23917/benefit.v7i1.18063.

A. Febrian and M. Fadly, “The Impact of Customer Satisfaction with EWOM and Brand Equity on E-Commerce Purchase IntentioFebrian, A., & Fadly, M. (2021). The Impact of Customer Satisfaction with EWOM and Brand Equity on E-Commerce Purchase Intention in Indonesia Moderated by Cultur,” Binus Bus. Rev., vol. 12, no. 1, pp. 41–51, 2021, doi: 10.21512/bbr.v12i1.6419.

L. Ahluwalia, “EMPOWERMENT LEADERSHIP AND PERFORMANCE: ANTECEDENTS,” Angew. Chemie Int. Ed. 6(11), 951–952., vol. 7, no. 1, p. 283, 2020, [Online]. Available: http://www.nostarch.com/javascriptforkids%0Ahttp://www.investopedia.com/terms/i/in_specie.asp%0Ahttp://dspace.ucuenca.edu.ec/bitstream/123456789/35612/1/Trabajo de Titulacion.pdf%0Ahttps://educacion.gob.ec/wp-content/uploads/downloads/2019/01/GUIA-METODOL

L. Andraini and C. Bella, “Pengelolaan Surat Menyurat Dengan Sistem Informasi ( Studi Kasus : Kelurahan Gunung Terang ),” J. Portal Data, vol. 2, no. 1, pp. 1–11, 2022, [Online]. Available: http://portaldata.org/index.php/portaldata/article/view/71

Styawati, Andi Nurkholis, Zaenal Abidin, and Heni Sulistiani, “Optimasi Parameter Support Vector Machine Berbasis Algoritma Firefly Pada Data Opini Film,” J. RESTI (Rekayasa Sist. dan Teknol. Informasi), vol. 5, no. 5, pp. 904–910, 2021, doi: 10.29207/resti.v5i5.3380.

A. Nurkholis and I. S. Sitanggang, “Optimization for prediction model of palm oil land suitability using spatial decision tree algorithm,” J. Teknol. dan Sist. Komput., vol. 8, no. 3, pp. 192–200, Jul. 2020, doi: 10.14710/jtsiskom.2020.13657.

A. D. Putra, L. M. Purba, and N. Nuralia, “Perancangan Sistem Informasi Akuntansi Persediaan Barang Pada Toko Jabat,” J. Eng. Inf. Technol. Community Serv., vol. 1, no. 1, pp. 1–5, 2022, doi: 10.33365/jeit-cs.v1i1.126.

A. N. Behainksa, N. Hendrastuty, and M. G. An, “SISTEM INFORMASI MANAJEMEN KEARSIPAN DOKUMEN BARANG EKSPOR DAN IMPOR ( STUDI KASUS : CV GIAN PUTRA ),” vol. 3, no. 3, pp. 33–40, 2022.

M. A. Pratama, A. F. Sidhiq, Y. Rahmanto, and A. Surahman, “Perancangan Sistem Kendali Alat Elektronik Rumah Tangga,” J. Tek. dan Sist. Komput., vol. 2, no. 1, pp. 80–92, 2021.

N. Shodik, N. Neneng, and I. Ahmad, “Sistem Rekomendasi Pemilihan Smartphone Snapdragon 636 Menggunakan Metode Simple Multi Attribute Rating Technique (Smart),” J. Nas. Pendidik. Tek. Inform. JANAPATI, vol. 7, no. 3, pp. 219–228, 2019.

N. Hendrastuty, Y. Ihza, J. Ring Road Utara, and J. Lor, “Rancang Bangun Aplikasi Monitoring Santri Berbasis Android,” Jdmsi, vol. 2, no. 2, pp. 21–34, 2021.

S. Ramadona, M. Diono, M. Susantok, and S. Ahdan, “Indoor location tracking pegawai berbasis Android menggunakan algoritma k-nearest neighbor,” JITEL (Jurnal Ilm. Telekomun. Elektron. dan List. Tenaga), vol. 1, no. 1, pp. 51–58, 2021, doi: 10.35313/jitel.v1.i1.2021.51-58.

F. S. Amalia, S. Setiawansyah, and ..., “Analisis Data Penjualan Handphone Dan Elektronik Menggunakan Algoritma Apriori (Studi Kasus: Cv Rey Gasendra),” … J. Telemat. …, vol. 2, no. 1, pp. 1–6, 2021, [Online]. Available: https://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/telefortech/article/view/1810

S. Ahdan, A. Priandika, F. Andhika, and F. S. Amalia, “Perancangan Media Pembelajaran Teknik Dasar Bola Voli Menggunakan Teknologi Augmented Reality Berbasis Android,” J. Kelitbangan, vol. 8, no. 3, pp. 221–236, 2020, [Online]. Available: https://docplayer.info/210712569-Perancangan-media-pembelajaran-teknik-dasar-bola-voli-mengunakan-teknologi-augmented-reality-berbasis-android.html

A. Sucipto, Q. J. Adrian, and M. A. Kencono, “Martial Art Augmented Reality Book (Arbook) Sebagai Media Pembelajaran Seni Beladiri Nusantara Pencak Silat,” J. Sisfokom (Sistem Inf. Dan Komputer), vol. 10, no. 1, pp. 40–45, 2021.

Jupriyadi and A. Aziz, “Aplikasi Pengenalan Rumah Adat Sumatera Berbasis Augmented Reality Pada Perangkat Android,” Telefortech, vol. 1, no. 2, pp. 46–54, 2021.

S. N. Arifah and Y. Fernando, “Upaya Meningkatkan Citra Diri Melalui Game Edukasi,” vol. 3, no. 3, pp. 295–315, 2022.

A. Surahman, A. D. Wahyudi, and S. Sintaro, “Implementasi Teknologi Visual 3D Objek Sebagai Media Peningkatan Promosi Produk E-Marketplace,” 2020.

A. Surahman, A. D. Wahyudi, A. D. Putra, S. Sintaro, and I. Pangestu, “Perbandingan Kualitas 3D Objek Tugu Budaya Saibatin Berdasarkan Posisi Gambar Fotogrametri Jarak Dekat,” InfoTekJar J. Nas. Inform. dan Teknol. Jar., vol. 5, no. 2, pp. 65–70, 2021.

Downloads

Published

2023-05-10