APLIKASI PEMBELAJARAN INTERAKTIF UNTUK ANAK PAUD MENGGUNAKAN HTML 5

Authors

  • Reza Septian Tricahya Informatika

Keywords:

HTML5, Pembelajaran, Interaktif, Luther, Blackbox

Abstract

Pembelajaran Interaktif adalah suatu cara atau teknik pembelajaran yang digunakan guru pada saat menyajikan bahan pelajaran dimana guru pemeran utama dalam menciptakan situasi interaktif yang edukatif, yakni interaksi antara guru dengan siswa, siswa dengan siswa dan dengan sumber pembelajaran dalam menunjang tercapainya tujuan belajar. Dengan kemajuan teknologi yang sangat pesat pada saat ini dibutuhkan sebuah aplikasi yang dapat memenuhi kebutuhan setiap pengguna akan sebuah aplikasi penunjang belajar yang interaktif efektif  Dalam membuat aplikasi bantu pembelajaran interaktif, menggunakan tools Construct 2 . Serta metode pengumpulan data dengan cara pengamatan dan tinjauan pustaka. Metode pengembangan sistem menggunakan multimedia luther. Pengujian  sistem  dilakukan dengan pengujian black box. Serta jalannya penelitian yang meliputi tahap analisis sistem, perancangan, pengembangan, pengujian, dan implementasi. Aplikasi yang digunakan berbasis HTML5, disertai keterangan teks, audio, dan gambar agar membantu pengguna dalam memahami pembelajaran Interaktif. Hasil pengujian yang dapat disimpulkan yaitu tampil atau tidak nya tampilan yang akan dipilih dalam aplikasi tersebut.

References

R. M. Aguss, “Kemampuan Mobilitas Gerak Anak Usia Dini 4 Sampai 5 Tahun Melalui Gerakan-Gerakan,” vol. 1, no. 1, pp. 58–64, 2021.

R. M. Aguss, E. B. Fahrizqi, and F. F. A. Abiyyu, “Analisis Dampak Wabah Covid-19 Pada Perkembangan Motorik Halus Anak Usia 3-4 Tahun,” J. Penjaskesrek, vol. 8, no. 1, pp. 46–56, 2021.

V. Nomor et al., “Poltekita : Jurnal Pengabdian Masyarakat Pernafasan Atas ( ISPA ) paling banyak prevalensinya diderita oleh anak kategori usía perilaku higiene sanitasi yang tidak baik ( Zulaikhah , Soegeng , & Sumarawati , 2017 ). dan puskesmas bersama masyarakat itu se,” vol. 3, pp. 971–978, 2022, doi: 10.33860/pjpm.v3i4.1547.

R. Bangun, S. Monitoring, A. Gunung, A. Krakatau, and B. Iot, “Rancang Bangun Sistem Monitoring Aktivitas Gunung Anak Krakatau Berbasis IoT,” vol. 31, no. 1, pp. 14–22, 2018.

F. Yulianto, Y. T. Utami, and I. Ahmad, “Game Edukasi Pengenalan Buah-buahan Bervitamin C untuk Anak Usia Dini,” J. Nas. Pendidik. Tek. Inform. JANAPATI, vol. 7, no. 3, pp. 242–251, 2019.

R. R. Pratama and A. Surahman, “Perancangan Aplikasi Game Fighting 2 Dimensi Dengan Tema Karakter Nusantara Berbasis Android Menggunakan Construct,” J. Inform. dan Rekayasa Perangkat Lunak, vol. 1, no. 2, pp. 234–244, 2020, doi: 10.33365/jatika.v1i2.619.

R. Eka Saputri, “Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Hasil Belajar Siswa,” Syntax Lit. J. Ilm. Indones., vol. 3, no. 4, pp. 93–102, 2018.

S. Suaidah, “Analisis Penerimaan Aplikasi Web Engineering Pelayanan Pengaduan Masyarakat Menggunakan Technology Acceptance Model,” JATISI (Jurnal Tek. Inform. dan Sist. Informasi), vol. 8, no. 1, pp. 299–311, 2021, doi: 10.35957/jatisi.v8i1.600.

L. Ahluwalia, “EMPOWERMENT LEADERSHIP AND PERFORMANCE: ANTECEDENTS,” Angew. Chemie Int. Ed. 6(11), 951–952., vol. 7, no. 1, p. 283, 2020, [Online]. Available: http://www.nostarch.com/javascriptforkids%0Ahttp://www.investopedia.com/terms/i/in_specie.asp%0Ahttp://dspace.ucuenca.edu.ec/bitstream/123456789/35612/1/Trabajo de Titulacion.pdf%0Ahttps://educacion.gob.ec/wp-content/uploads/downloads/2019/01/GUIA-METODOL

I. Mahfud et al., “Model Latihan Shooting Bola Basket Dengan Modifikasi Ring Pada Anak Usia Sekolah,” vol. 2, no. 1, pp. 49–56, 2022.

I. Mahfud and R. Yuliandra, “Pengembangan Model Gerak Dasar Keterampilan Motorik Untuk Kelompok Usia 6-8 Tahun,” Sport. J. Pendidik. Olahraga, vol. 1, no. 01, pp. 54–66, 2020.

H. Sulistiani, “Sistem Penilaian Kepuasan Pelanggan Menggunakan Customer Satisfaction Index Pada Penjualan Parfume (Studi Kasus: Parfume Corner BDL),” J. Teknol. dan Sist. Inf., vol. 2, no. 4, pp. 29–36, 2021, [Online]. Available: http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/sisteminformasi/article/view/1291

P. Hana, R. Rusliyawati, and D. Damayanti, “Pengaruh Media Richness Dan Frequently Update Terhadap Loyali Tas Civitas Akademika Perguruan Tinggi,” J. Tekno Kompak, vol. 13, no. 2, p. 7, 2019, doi: 10.33365/jtk.v13i2.328.

E. Suwarni, T. D. Rosmalasar, A. Fitri, and F. Rossi, “Sosialisasi Kewirausahaan Untuk Meningkatkan Minat dan Motivasi Siswa Mathla’ul Anwar,” J. Pengabdi. Masy. Indones., vol. 1, no. 4, pp. 157–163, 2021, doi: 10.52436/1.jpmi.28.

E. Suryadi, “Analisis Peranan Leadership dan Budaya Organisasi,” Manajerial, vol. 08, pp. 1–9, 2010.

Damayanti, D. A. Megawaty, M. G. Rio, R. Rubiyah, R. Yanto, and I. Nurwanti, “Analisis Interaksi Sosial Terhadap Pengalaman Pengguna Untuk Loyalitas Dalam Bermain Game,” JSI J. Sist. Inf., vol. 12, no. 2, 2020.

A. Febrian and chintia annisa vina Hapsari, “Strategi Pemasaran Dalam Memengaruhi Keputusan Pembelian Melalui Minat Beli Sebagai Mediasi,” Bul. Stud. Ekon., vol. 24, no. 2, pp. 279–287, 2019.

L. Agustina, A. O. Fayardi, and I. Irwansyah, “Online Review: Indikator Penilaian Kredibilitas Online dalam Platform E-commerce,” J. ILMU Komun., vol. 15, no. 2, pp. 141–154, 2018, doi: 10.24002/jik.v15i2.1320.

Y. Widiyawati, “Analisis Pengaruh Belanja Online Terhadap Perilaku Perjalanan Belanja Dimasa Pandemi Covid-19,” JICE (Journal Infrastructural Civ. Eng., vol. 3, no. 02, pp. 25–31, 2022, [Online]. Available: https://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/jice/article/view/2151

M. Astuti, E. Suwarni, Y. Fernando, S. Samsugi, B. Cinthya, and D. Gema, “Pelatihan Membangun Karakter Entrepreneur Melalui Internet Of Things bagi Siswa SMK Al-Hikmah, Kalirejo, Lampung Selatan,” Comment Community Empower., vol. 2, no. 1, pp. 32–41, 2022.

N. Utami Putri, J. Persada Sembiring, A. Jayadi, Q. Jafar Adrian, and I. W. Sudana, “Pelatihan Doorlock Bagi Siswa/Siswi Mas Baitussalam Miftahul Jannah Lampung Tengah,” J. Soc. Sci. Technol. Community Serv., vol. 3, no. 2, p. 198, 2022, doi: 10.33365/jsstcs.v3i2.2022.

N. Hendrastuty et al., “Pelatihan Jaringan Komputer (Microtik) Untuk Menambah Keahlian Bagi Siswa Sman 8 Bandar Lampung,” J. Soc. Sci. Technol. Community Serv., vol. 3, no. 2, p. 209, 2022, doi: 10.33365/jsstcs.v3i2.2105.

D. A. Megawaty, D. Damayanti, Z. S. Assubhi, and M. A. Assuja, “Aplikasi Permainan Sebagai Media Pembelajaran Peta Dan Budaya Sumatera Untuk Siswa Sekolah Dasar,” J. Komputasi, vol. 9, no. 1, pp. 58–66, 2021, doi: 10.23960/komputasi.v9i1.2779.

M. A. Athallah and K. Kraugusteeliana, “Analisis Kualitas Website Telkomsel Menggunakan Metode Webqual 4.0 dan Importance Performance Analysis,” CogITo Smart J., vol. 8, no. 1, pp. 171–182, 2022, doi: 10.31154/cogito.v8i1.374.171-182.

P. Handoko, H. Hermawan, and M. Nasucha, “Pengembangan Sistem Kendali Alat Elektronika Menggunakan Mikrokontroler Arduino Uno R3 dan Ethernet Shield dengan Antarmuka Berbasis Android,” Din. Rekayasa, vol. 14, no. 2, pp. 92–103, 2018, doi: 10.20884/1.dr.2018.14.2.191.

A. M. Bhara and A. R. Syahida, “Pengaruh Iklan ‘Shopee Blackpink Sebagai Brand Ambassador’ Terhadap Minat Belanja Online Mahasiswa,” J. Ilmu Sos. dan Ilmu Polit., vol. 8, no. 4, pp. 288–296, 2019.

S. Ahdan, A. R. Putri, and A. Sucipto, “Teknologi dalam pengelolaan administrasi keuangan komite sekolah untuk meningkatkan transparansi keuangan,” Sistemasi, vol. 9, no. 3, p. 493, 2020, doi: 10.32520/stmsi.v9i3.884.

J. Fakhrurozi, D. Pasha, J. Jupriyadi, and I. Anggrenia, “Pemertahanan Sastra Lisan Lampung Berbasis Digital Di Kabupaten Pesawaran,” J. Soc. Sci. Technol. Community Serv., vol. 2, no. 1, p. 27, 2021, doi: 10.33365/jsstcs.v2i1.1068.

L. Ahluwalia, D. R. Anggarini, and A. A. Aldino, “Strategi Peningkatan Kompetensi Siswa Smk Islam Adiluwih Untuk Menghadapi Persaingan Global,” J. Soc. Sci. Technol. Community Serv., vol. 3, no. 2, p. 297, 2022, doi: 10.33365/jsstcs.v3i2.2210.

B. Permatasari and D. R. Anggarini, “Kepuasan Konsumen Dipengaruhi Oleh Strategi Sebagai Variabel Intervening Pada WaruPermatasari, B., Permatasari, B., & Anggarini, D. R. (2020). KepuaPermatasari, B., & Anggarini, D. R. (2020). Kepuasan Konsumen Dipengaruhi Oleh Strategi Sebagai Variabel In,” J. Manajerial, vol. 19, no. 2, pp. 99–111, 2020.

I. P. Sari, A. H. Kartina, A. M. Pratiwi, F. Oktariana, M. F. Nasrulloh, and S. A. Zain, “Implementasi Metode Pendekatan Design Thinking dalam Pembuatan Aplikasi Happy Class Di Kampus UPI Cibiru,” Edsence J. Pendidik. Multimed., vol. 2, no. 1, pp. 45–55, 2020, doi: 10.17509/edsence.v2i1.25131.

M. M. F. Fatori, “Aplikasi IoT Pada Sistem Kontrol dan Monitoring Tanaman Hidroponik,” J. Pendidik. Sains dan Komput., vol. 2, no. 02, pp. 350–356, 2022, doi: 10.47709/jpsk.v2i02.1746.

V. H. Saputra, D. Darwis, and E. Febrianto, “Rancang bangun aplikasi game matematika untuk penyandang tunagrahita berbasis mobile,” J. Komput. Dan Inform., vol. 15, no. 1, pp. 171–181, 2020.

H. Sulistiani, “Rancang Bangun Aplikasi Presensi SMS Gateway Berbasis Web Dengan Framework Codeigniter Pada SMKN 1 Trimurjo,” J. Inform. dan Rekayasa Perangkat Lunak, vol. 1, no. 1, pp. 43–50, 2020.

P. D. A. Wiguna, I. P. A. Swastika, and I. P. Satwika, “Rancang Bangun Aplikasi Point of Sales Distro Management System dengan Menggunakan Framework React Native,” J. Nas. Teknol. dan Sist. Inf., vol. 4, no. 3, pp. 149–159, 2019, doi: 10.25077/teknosi.v4i3.2018.149-159.

Y. P. Utami and P. S. Dewi, “Model Pembelajaran Interaktif SPLDV dengan Aplikasi Rumah Belajar,” Mathema J. Pendidik. Mat., vol. 2, no. 1, pp. 24–31, 2020.

A. T. Prastowo, D. Darwis, and N. B. Pamungkas, “Aplikasi Web Pemetaan Wilayah Kelayakan Tanam Jagung Berdasarkan Hasil Panen Di Kabupaten Lampung Selatan,” J. Komputasi, vol. 8, no. 1, pp. 21–29, 2020.

S. Styawati, S. Samsugi, Y. Rahmanto, and I. Ismail, “PENERAPAN APLIKASI ADMINISTRASI DESA PADA DESA MUKTI KARYA MESUJI,” vol. 3, no. 1, pp. 123–131, 2022.

K. Dheara, Saniati, and Neneng, “APLIKASI E-COMMERCE UNTUK PEMESANAN SPAREPART MOTOR,” vol. 3, no. 1, pp. 83–89, 2022.

Y. Khadaffi, J. Jupriyadi, and W. Kurnia, “APLIKASI SMART SCHOOL UNTUK KEBUTUHAN GURU DI ERA NEW NORMAL (STUDI KASUS: SMA NEGERI 1 KRUI),” J. Teknol. dan Sist. Inf., vol. 2, no. 2, pp. 15–23, 2021.

O. Rahmawati and F. Ulum, “RANCANG BANGUN APLIKASI E-AGRIBISNIS UNTUK,” vol. 3, no. 3, pp. 354–365, 2022.

A. Wahyudi, I. Satyarno, L. Budi Suparma, and A. Taufik Mulyono, “Quality Assurance Dan Quality Control Pemeriksaan Jembatan Dengan Aplikasi Invi-J,” J. Transp., vol. 21, no. 2, pp. 81–92, 2021, doi: 10.26593/jtrans.v21i2.5156.81-92.

S. N. Hikmah and S. Maskar, “Pemanfaatan aplikasi microsoft powerpoint pada siswa smp kelas viii dalam pembelajaran koordinat kartesius,” J. Ilm. Mat. Realis., vol. 1, no. 1, pp. 15–19, 2020.

A. K. ASTOMO, “Desain Interaksi Aplikasi Crowdfunding Bencana Alam Menggunakan Metode Design Thinking,” May 2021.

F. K. Bhakti, I. Ahmad, Q. J. Adrian, S. Informasi, F. Teknik, and U. T. Indonesia, “PERANCANGAN USER EXPERIENCE APLIKASI PESAN ANTAR DALAM KOTA MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING ( STUDI KASUS : KOTA BANDAR LAMPUNG ),” vol. 3, no. 2, pp. 45–54, 2022.

F. Irvansyah, S. Setiawansyah, and M. Muhaqiqin, “Aplikasi Pemesanan Jasa Cukur Rambut Berbasis Android,” J. Ilm. Infrastruktur Teknol. Inf., vol. 1, no. 1, pp. 26–32, 2020.

A. Gumantan, “Pengembangan Aplikasi Pengukuran Tes kebugaran Jasmani Berbasis Android,” J. ILMU KEOLAHRAGAAN, vol. 19, no. 2, pp. 196–205, 2020.

D. Aminatun, P. Muliyah, and H. Haryanti, “the Effect of Using Dictogloss on Students’ Listening Comprehension Achievement,” J. PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran), vol. 5, no. 2, pp. 262–269, 2021, doi: 10.33578/pjr.v5i2.8246.

I. Yasin and Q. I. Shaskya, “Sistem Media Pembelajaran Ips Sub Mata Pelajaran Ekonomi Dalam Jaringan Pada Siswa Mts Guppi Natar Sebagai Penunjang Proses Pembelajaran,” J. Teknol. dan Sist. Inf., vol. 1, no. 1, pp. 31–38, 2020, doi: 10.33365/jtsi.v1i1.96.

K. P. Larasati Ahluwalia, “Pengaruh Kepemimpinan Pemberdayaan Pada Kinerja Dan Keseimbangan Pekerjaan-Rumah Di Masa Pandemi Ncovid-19,” Manaj. Sumber Daya Mns., vol. VII, no. 2, pp. 119–128, 2020.

B. Hijriyannto and F. Ulum, “Perbandingan Penerapan Metode Pengamanan Web Server Menggunakan Mod Evasive Dan Ddos Deflate Terhadap Serangan Slow Post,” Jecsit, vol. 1, no. 1, pp. 88–92, 2021.

A. D. Putri, H. Kuswoyo, I. Gulo, E. Ngestirosa, and E. G. Febrina, “Pengenalan Wawasan Digital Marketing Bagi Guru SMK N 1 Labuhan Maringgai, Lampung Timur,” J. Soc. Sci. Technol. Community Serv., vol. 4, no. 1, pp. 147–153, 2023.

A. Sulistiyawati and E. Supriyanto, “Implementasi Algoritma K-means Clustring dalam Penetuan Siswa Kelas Unggulan,” J. Tekno Kompak, vol. 15, no. 2, p. 25, 2021, doi: 10.33365/jtk.v15i2.1162.

D. A. Megawaty, S. Setiawansyah, D. Alita, and P. S. Dewi, “Teknologi dalam pengelolaan administrasi keuangan komite sekolah untuk meningkatkan transparansi keuangan,” Riau J. Empower., vol. 4, no. 2, pp. 95–104, 2021, doi: 10.31258/raje.4.2.95-104.

R. I. Borman, “PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS MULTIMEDIA PADA MATA KULIAH SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN”.

R. K. Dewi, Q. J. Ardian, H. Sulistiani, and F. Isnaini, “Dashboard Interaktif Untuk Sistem Informasi Keuangan Pada Pondok Pesantren Mazroatul’Ulum,” J. Teknol. dan Sist. Inf., vol. 2, no. 2, pp. 116–121, 2021.

H. Sulistiani, “Perancangan Dashboard Interaktif Penjualan (Studi Kasus: PT Jaya Bakery),” J. Tekno Kompak, vol. 12, no. 1, pp. 15–17, 2018.

D. Aminatun, D. Alita, Y. Rahmanto, and A. D. Putra, “Pelatihan Bahasa Inggris Melalui Pembelajaran Interaktif Di Smk Nurul Huda Pringsewu,” J. Eng. Inf. Technol. Community Serv., vol. 1, no. 2, pp. 66–71, 2022.

R. Fitri, Sudarmiatin, D. A. Zonna Lia, and A. Murniati, “Konsep Design Thinking Melalui Ecoprint Sebagai Upaya Meningkatkan Ketrampilan dan Kemandirian Santri,” J. Karinov, vol. 4, no. 1, pp. 64–69, 2021.

Q. Jafar Adrian et al., “Pengenalan Aplikasi Canva Kepada Siswa/Siswi Smkn 1 Tanjung Sari, Lampung Selatan,” J. Soc. Sci. Technol. Community Serv., vol. 3, no. 2, p. 187, 2022, doi: 10.33365/jsstcs.v3i2.2020.

D. P. Margiati and N. D. Puspaningtyas, “Implementasi Manajemen Pendidikan Sekolah Dasar Negeri 1 Sidodadi,” J. Arts Educ., vol. 1, no. 1, pp. 39–44, 2021.

H. Hartini, Z. Z. Maharani, and B. Rahman, “Penerapan Model Pembelajaran Think-Pair-Share untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP,” Kreano, J. Mat. Kreat., vol. 7, no. 2, pp. 131–135, 2016.

S. Ahdan, A. Priandika, F. Andhika, and F. S. Amalia, “Perancangan Media Pembelajaran Teknik Dasar Bola Voli Menggunakan Teknologi Augmented Reality Berbasis Android,” J. Kelitbangan, vol. 8, no. 3, pp. 221–236, 2020, [Online]. Available: https://docplayer.info/210712569-Perancangan-media-pembelajaran-teknik-dasar-bola-voli-mengunakan-teknologi-augmented-reality-berbasis-android.html

A. Setiawan and D. Pasha, “Sistem Pengolahan Data Penilaian Berbasis Web Menggunakan Metode Pieces (Studi Kasus : Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Provinsi Lampung),” J. Teknol. dan Sist. Inf., vol. 1, no. 1, pp. 97–104, 2020, [Online]. Available: http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/sisteminformasi

Damayanti, “Digitalisasi Sistem Peminjaman Buku Pada Smk Negeri 2 Kalianda Lampung Selatan,” J. Soc. …, vol. 2, no. 2, pp. 128–138, 2021, [Online]. Available: https://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/JSSTCS/article/view/1368

M. R. Handoko and N. Neneng, “SISTEM PAKAR DIAGNOSA PENYAKIT SELAMA KEHAMILAN MENGGUNAKAN METODE NAIVE BAYES BERBASIS WEB,” J. Teknol. dan Sist. Inf., vol. 2, no. 1, pp. 50–58, 2021.

S. Maskar, U. T. Indonesia, and N. Ability, “Pengaruh Metode Penugasan Terbimbing Terhadap Pemahaman Konsep Siswa SMP Pada Pokok Bahasan Garis dan Sudut,” no. April, 2020.

I. R. Alamsyah, I. Mahfud, and R. M. Aguss, “Pengaruh Latihan Shooting Dengan Metode Beef Terhadap Akurasi Free Throw Siswi Ekstrakurikuler Basket Smk Negeri 4 Bandar Lampung,” Sport Sci. Educ. J., vol. 3, no. 2, pp. 12–17, 2022, doi: 10.33365/ssej.v3i2.2218.

R. Nuraini, “Pendukung Keputusan Pemilihan Vendor IT Menggunakan Metode Perbandingan Eksponensial ( MPE ) Sistem,” vol. 2, 2022.

H. Annur, “PENERAPAN DATA MINING MENENTUKAN STRATEGI PENJUALAN VARIASI MOBIL MENGGUNAKAN METODE K-MEANS CLUSTERING,” J. Inform. Upgris, vol. 5, no. 1, 2019, doi: 10.26877/jiu.v5i1.3091.

Downloads

Published

2023-05-10