PEMANFAATAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY (AR) UNTUK PENGENALAN AKSARA LAMPUNG PADA ANAK

Authors

  • Ahmad Ridwan Informatika

Keywords:

Aksara Lampung, Pembelajaran, Augmented Reality, Android

Abstract

Aksara  nusantara merupakan Aksara yang digunakan secara khusus untuk menuliskan bahasa daerah tertentu. Khususnya di daerah Lampung yang dikenal dengan Aksara Lampung, dalam masyarakat Lampung penggunaan Aksara Lampung sangat minim. Dalam keseharian Aksara Lampung  diakui  relatif  tidak  digunakan. Selama ini media pembelajaran Aksara Lampung masih menggunakan media konvensional. Aksara Lampung wajib kita lestarikan mengingat seiring perkembangan teknologi smartphone android mobile, aplikasi gatged menjadi sebuah alternatif media pembelajaran Aksara Lampung yang menarik. Android telah  menyediakan  banyak tools Application    salah satunya adalah augmented reality untuk pengembangan aplikasi, dibutuhkan sebuah upaya untuk melestarikan dan mengenalkan pembelajaran Aksara Lampung sedini mungkin dengan menggunakan media pembelajaran yang lebih modern yang mudah dipelajari, salah satunya dengan cara membuat pembelajaran Aksara Lampung yang memanfaatkan perangkat mobile berbasis Android dengan menggunakan augmented reality. Aplikasi pembelajaran Aksara Lampung yang dirancang untuk dijalankan pada perangkat mobile berbasis Android, diterapkan menjadi alternatif untuk melestarikan salah satu media pembelajaran Aksara Lampung dengan media yang lebih modern. Dengan demikian, keberadaan Aksara Lampung tidak akan hilang dari peradaban masyarakat Lampung.

References

A. Surahman, A. T. Prastowo, and L. A. Aziz, “RANCANG ALAT KEAMANAN SEPEDA MOTOR HONDA BEAT BERBSIS SIM GSM MENGGUNAKAN METODE RANCANG BANGUN,” 2014.

A. Nurkholis, E. R. Susanto, and S. Wijaya, “Penerapan Metode Drill Untuk Mengetahui Tingkat Keterampilan Servis Panjang Bulutangkis Pada Anggota Club Pb Macan Tunggal,” J-SAKTI (Jurnal Sains Komput. dan Inform., vol. 5, no. 1, pp. 124–134, 2021.

S. Samsugi, N. Neneng, and G. N. F. Suprapto, “Otomatisasi Pakan Kucing Berbasis Mikrokontroller Intel Galileo Dengan Interface Android,” J-SAKTI (Jurnal Sains Komput. dan Inform., vol. 5, no. 1, pp. 143–152, 2021.

Z. Abidin, “Pelatihan Dasar-Dasar Algoritma Dan Pemograman Untuk Membangkitkan Minat Siswa-Siswi Smk Pada Dunia Pemograman,” J. Soc. Sci. Technol. Community Serv., vol. 2, no. 2, p. 54, 2021, doi: 10.33365/jsstcs.v2i2.1326.

A. Gumantan, I. Mahfud, R. Yuliandra, and U. T. Indonesia, “JOSSAE ( Journal of Sport Science and Education ) Pengembangan Alat Ukur Tes Fisik dan Keterampilan Cabang Olahraga Futsal berbasis Desktop Program,” vol. 6, pp. 146–155, 2021.

S. Mutmainnah, “Pemilihan Moda Transportasi Kereta Api Menuju Pelabuhan Bakauheni,” JICE (Journal Infrastructural Civ. Eng., vol. 1, no. 01, p. 33, 2020, doi: 10.33365/jice.v1i01.854.

H. Sulistiani, “Sistem Penilaian Kepuasan Pelanggan Menggunakan Customer Satisfaction Index Pada Penjualan Parfume (Studi Kasus: Parfume Corner BDL),” J. Teknol. dan Sist. Inf., vol. 2, no. 4, pp. 29–36, 2021, [Online]. Available: http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/sisteminformasi/article/view/1291

A. D. Wahyudi, A. Surahman, and ..., “Penerapan Media Promosi Produk E-Marketplace Menggunakan Pendekatan AIDA Model dan 3D Objek,” J. Inform. …, vol. 6, no. 1, pp. 35–40, 2021, [Online]. Available: http://ejournal.poltektegal.ac.id/index.php/informatika/article/view/2304

L. Ahluwalia, “EMPOWERMENT LEADERSHIP AND PERFORMANCE: ANTECEDENTS,” Angew. Chemie Int. Ed. 6(11), 951–952., vol. 7, no. 1, p. 283, 2020, [Online]. Available: http://www.nostarch.com/javascriptforkids%0Ahttp://www.investopedia.com/terms/i/in_specie.asp%0Ahttp://dspace.ucuenca.edu.ec/bitstream/123456789/35612/1/Trabajo de Titulacion.pdf%0Ahttps://educacion.gob.ec/wp-content/uploads/downloads/2019/01/GUIA-METODOL

E. A. Novanti and S. Suprayogi, “Webtoon’s Potentials to Enhance EFL Students’ Vocabulary,” J. Res. Lang. Educ., vol. 2, no. 2, pp. 83–87, 2021, [Online]. Available: https://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/JoRLE/index

M. Astuti handayani et al., “Suluh Abdi : Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat PENGELOLAAN KEUANGAN BISNIS DAN UMKM DI DESA BALAIREJO,” vol. 4, no. 1, pp. 1–7, 2022, [Online]. Available: https://jurnal.um-palembang.ac.id/suluh_abdi

I. Ahmad, R. I. Borman, G. G. Caksana, and J. Fakhrurozi, “Penerapan Teknologi Augmented Reality Katalog Perumahan Sebagai Media Pemasaran Pada PT. San Esha Arthamas,” SINTECH (Science Inf. Technol. J., vol. 4, no. 1, pp. 53–58, 2021.

T. Rosmalasari, “Pelatihan Pengelolaan Keuangan Untuk Siswa-Siswi Ma Ma’Arif Kota Gajah,” J. Empower. Community, vol. 4, no. 1, pp. 18–23, 2022, [Online]. Available: https://e-journal.unper.ac.id/index.php/JEC/article/view/951%0Ahttps://e-journal.unper.ac.id/index.php/JEC/article/download/951/675

S. Suprayogi, I. Gulo, D. B. Setiawan, A. Dinda, M. Okta, and D. Dwi, “PELATIHAN TOEIC PADA SEKSI MENYIMAK BAGI SISWA-,” vol. 1, no. 2, pp. 23–31.

E. Suwarni, M. A. Handayani, Y. Fernando, F. E. Saputra, and A. Candra, “Penerapan Sistem Pemasaran berbasis E-Commerce pada Produk Batik Tulis di Desa Balairejo,” J. Pengabdi. Masy. Indones., vol. 2, no. 2, pp. 187–192, 2022.

S. Maskar, U. T. Indonesia, and N. Ability, “Pengaruh Metode Penugasan Terbimbing Terhadap Pemahaman Konsep Siswa SMP Pada Pokok Bahasan Garis dan Sudut,” no. April, 2020.

D. R. Anggarini, A. D. Putri, and L. F. Lina, “Literasi Keuangan untuk Generasi Z di MAN 1 Pesawaran,” vol. 1, no. 1, pp. 147–152, 2021.

D. Darwis, A. F. O. Pasaribu, and S. D. Riskiono, “Improving Normative And Adaptive Teacher Skills In Teaching Pkwu Subjects,” Mattawang J. Pengabdi. Masy., vol. 1, no. 1, pp. 30–38, 2020, doi: 10.35877/454ri.mattawang213.

I. Yasin and Q. I. Shaskya, “Sistem Media Pembelajaran Ips Sub Mata Pelajaran Ekonomi Dalam Jaringan Pada Siswa Mts Guppi Natar Sebagai Penunjang Proses Pembelajaran,” J. Teknol. dan Sist. Inf., vol. 1, no. 1, pp. 31–38, 2020, doi: 10.33365/jtsi.v1i1.96.

P. Panggungrejo and K. Pringsewu, “MERK PRODUK DAN PENYUSUNAN LAPORAN KEUANGAN DI,” vol. 3, no. 1, pp. 38–42, 2022.

R. Nuraini, “Pendukung Keputusan Pemilihan Vendor IT Menggunakan Metode Perbandingan Eksponensial ( MPE ) Sistem,” vol. 2, 2022.

A. Y. Wahyudin and A. Wahyuni, “Exploring Students ’ Learning Style and Proficiency at a University in Indonesia : A Quantitative Classroom Research Universitas Teknokrat Indonesia,” vol. 20, no. 2, pp. 77–85, 2022.

B. P. Defia Riski Anggarini, “Impluse Buying Ditentukan Oleh Promosi Buy 1 Get 1 Pada Pelanggan Kedai Kopi Ketje Bandar,” vol. 06, no. 02, pp. 27–37, 2020.

M. G. An and E. Suyanto, “Family Disorganization in the Sarap Short Story by Okky Madasari : a Genetic Structuralism Analysis,” vol. 25, no. 9, pp. 1–5, 2020, doi: 10.9790/0837-2509110105.

R. R. Pratama and A. Surahman, “Perancangan Aplikasi Game Fighting 2 Dimensi Dengan Tema Karakter Nusantara Berbasis Android Menggunakan Construct,” J. Inform. dan Rekayasa Perangkat Lunak, vol. 1, no. 2, pp. 234–244, 2020, doi: 10.33365/jatika.v1i2.619.

A. Nur, “Pasien Berbasis Mobile ( Studi Kasus : Klinik Bersalin Nurhasanah ),” vol. 2, no. 2, pp. 1–6, 2021.

L. Andraini and C. Bella, “Pengelolaan Surat Menyurat Dengan Sistem Informasi ( Studi Kasus : Kelurahan Gunung Terang ),” J. Portal Data, vol. 2, no. 1, pp. 1–11, 2022, [Online]. Available: http://portaldata.org/index.php/portaldata/article/view/71

A. Pratama Zanofa and M. Fahrizal, “Penerapan Bluetooth Untuk Gerbang Otomatis,” Portaldata.org, vol. 1, no. 2, pp. 1–10, 2021.

I. Ahmad, A. Febrian, and A. T. Prastowo, “PENERAPAN DAN PENDAMPINGAN SISTEM TRACER STUDY SECARA ONLINE PADA MA MA ’ ARIF 1 PUNGGUR,” vol. 3, no. 1, pp. 277–282, 2022.

A. R. Isnain, Q. J. Adrian, and A. D. Putra, “Digital Printing Training for Design at Students of SMK Budi Karya Natar,” vol. 1, no. 3, pp. 137–141, 2023.

M. D. Ria and A. Budiman, “Perancangan Sistem Informasi Tata Kelola Teknologi Informasi Perpustakaan,” J. Inform. dan Rekayasa …, vol. 2, no. 1, pp. 122–133, 2021.

S. Sintaro, A. Surahman, L. Andraini, and I. Ismail, “Implementasi Motor Driver Vnh2Sp30 Pada Mobil Remote Control Dengan Kendali Telepon Genggam Pintar,” Jtst, vol. 3, no. 1, pp. 9–16, 2022.

A. A. Aldino, H. Sulistiani, and A. A. Aldino, “Decision Tree C4. 5 Algorithm For Tuition Aid Grant Program Classification (Case Study: Department Of Information System, Universitas Teknokrat Indonesia),” Edutic-Scientific J. Informatics Educ., vol. 7, no. 1, pp. 40–50, 2020, doi: 10.21107/edutic.v7i1.8849.

A. Nurkholis et al., “Pelatihan Customer Service Untuk Tenaga Kependidikan Smkn 2 Kalianda,” J. Soc. Sci. Technol. Community Serv., vol. 2, no. 2, pp. 167–172, 2021.

S. Ahdan, A. Gumantan, and A. Sucipto, “Program Latihan Kebugaran Jasmani,” vol. 2, no. 2, pp. 102–107, 2021.

M. Ronaldo and D. Pasha, “Sistem Informasi Pengelolaan Data Santri Pondok Pesantren an-Ahl Berbasis Website,” Telefortech, vol. 2, no. 1, pp. 17–20, 2021.

rusliyawati rusliyawati, A. D. Suryani, and Q. J. Ardian, “V,” J. Teknol. dan Sist. Inf., vol. 1, no. 1, pp. 47–56, 2020, [Online]. Available: http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/sisteminformasi/article/view/51

D. Pratiwi, A. Fitri, F. Dewantoro, F. Lestari, and R. Pratama, “PEMANENAN AIR HUJAN SEBAGAI ALTERNATIF PENYEDIAAN AIR BERSIH DI DESA BANJARSARI , KABUPATEN TANGGAMUS,” vol. 3, no. 1, pp. 55–62, 2022.

A. Rido, Why they act the way they do?: Pedagogical practices of experienced vocational English language teachers in Indonesia, vol. 4, no. 2. 2020, pp. 24–37.

A. S. Puspaningrum, S. Suaidah, and A. C. Laudhana, “MEDIA PEMBELAJARAN TENSES UNTUK ANAK SEKOLAH MENENGAH PERTAMA BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN CONSTRUCT 2,” J. Inform. dan Rekayasa Perangkat Lunak, vol. 1, no. 1, pp. 25–35, 2020, doi: 10.33365/jatika.v1i1.150.

T. Sundari, “Petunjuk Teknis Pengenalan Varietas Unggul dan Teknik Budidaya Ubi kayu (Materi Pelatihan Agribisnis bagi KMPH),” Balai Penelit. Kacang-kacangan dan Umbi-umbian, no. 55, p. 11, 2010.

A. Soraya and A. D. Wahyudi, “Rancang bangun aplikasi penjualan dimsun berbasis web,” Teknol. dan Sist. Inf., vol. 2, no. 4, pp. 43–48, 2021.

Y. Yuliana, P. Paradise, and K. Kusrini, “Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Ispa Menggunakan Metode Naive Bayes Classifier Berbasis Web,” CSRID (Computer Sci. Res. Its Dev. Journal), vol. 10, no. 3, p. 127, 2021, doi: 10.22303/csrid.10.3.2018.127-138.

A. T. Priandika, B. Ulum, A. D. Putra, and D. A. Megawaty, “UMKM Class Determination Support System Using Profile Matching,” vol. 1, no. 2, pp. 46–54, 2022.

Y. Hartanto, M. A. Firmansyah, and L. Adhrianti, “Implementation Digital Marketing Pesona 88 Curup in to Build Image for the Decision of Visit Tourist Attraction,” Proc. 4th Soc. Humanit. Res. Symp. (SoRes 2021), vol. 658, no. SoRes 2021, pp. 589–594, 2022, doi: 10.2991/assehr.k.220407.121.

L. Ahluwalia, B. Permatasari, N. Husna, and D. Novita, “Penguatan Sumber Daya Manusia Melalui Peningkatan Keterampilan Pada Komunitas ODAPUS Lampung,” vol. 2, no. 1, pp. 73–80, 2021, doi: 10.23960/jpkmt.v2i1.32.

M. A. K. Rizki and F. Op, “Rancang Bangun Aplikasi E-Cuti Pegawai Berbasis Website ( Studi Kasus : Pengadilan Tata Usaha Negara ),” J. Teknol. dan Sist. Inf., vol. 2, no. 3, pp. 1–13, 2021.

J. R. Permana and A. S. Puspaningrum, “IMPLEMENTASI METODOLOGI WEB DEVELOPMENT LIFE CYCLE UNTUK MEMBANGUN SISTEM PERPUSTAKAAN BERBASIS WEB ( STUDI KASUS : MAN 1 LAMPUNG TENGAH ),” vol. 2, no. 4, pp. 435–446, 2021.

A. R. Isnain and A. D. Putra, “Pengenalan Teknologi Metaverse Untuk Siswa SMK Budi Karya Natar,” vol. 1, no. 3, pp. 132–136, 2023.

L. Tastilia, D. A. Megawaty, and A. Sulistiyawati, “MENINGKATKAN PELAYANAN TERHADAP SISWA ( STUDY KASUS : SMA PGRI KATIBUNG ),” vol. 3, no. 2, pp. 63–69, 2022.

Y. Rahmanto, “RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN KOPERASI MENGGUNAKAN METODE WEB ENGINEERING (Studi Kasus: Primkop Kartika Gatam),” J. Data Min. dan Sist. Inf., vol. 2, no. 1, pp. 24–30, 2021.

A. T. Priandika and D. Riswanda, “ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PEMESANAN BARANG BERBASIS ONLINE,” J. Inform. dan Rekayasa Perangkat Lunak, vol. 2, no. 1, pp. 94–101, 2021.

R. I. Borman, Y. P. Putra, Y. Fernando, D. E. Kurniawan, P. Prasetyawan, and I. Ahmad, “Designing an Android-based Space Travel Application Trough Virtual Reality for Teaching Media,” in 2018 International Conference on Applied Engineering (ICAE), 2018, pp. 1–5.

A. S. Puspaningrum and E. R. Susanto, “PenerapaPuspaningrum, A. S., & Susanto, E. R. (2021). Penerapan Dan Pelatihan e-Learning Pada SMA Tunas Mekar Indonesia. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (JPKM) TABIKPUN, 2(2), 91–100.n Dan Pelatihan e-Learning Pada SMA Tunas Mekar Indonesia,” J. Pengabdi. Kpd. Masy. TABIKPUN, vol. 2, no. 2, pp. 91–100, 2021.

A. Wantoro and A. Nurmansyah, “Penerapan Augmented Reality (AR) Dengan Kombinasi Teknik Marker Untuk Visualisasi Model Rumah Pada Perum Pramuka Garden Residence,” J. Teknoinfo, vol. 14, no. 2, pp. 95–98, 2020.

O. L. Yeztiani, Q. J. Adrian, and A. A. Aldino, “Application of Augmented Reality As a Learning Media of Mollusca Group Animal Recognition and Its Habitat Based on Android,” J. Teknoinfo, vol. 16, no. 2, p. 420, 2022, doi: 10.33365/jti.v16i2.2044.

R. Alifah, D. A. Megawaty, and ..., “Pemanfaatan Augmented Reality Untuk Koleksi Kain Tapis (Study Kasus: Uptd Museum Negeri Provinsi Lampung),” J. Teknol. dan …, vol. 2, no. 2, pp. 1–7, 2021, [Online]. Available: http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/sisteminformasi/article/view/831

M. B. Firdaus, E. Budiman, F. E. Pati, A. Tejawati, L. Lathifah, and M. K. Anam, “Penerapan Metode Marker Based Tracking Augmented Reality Pesut Mahakam,” J. Teknoinfo, vol. 16, no. 1, p. 20, 2022, doi: 10.33365/jti.v16i1.1270.

I. Kurniawan, “Setiawansyah and Nuralia (2020)‘PEMANFAATAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY UNTUK PENGENALAN PAHLAWAN INDONESIA DENGAN MARKER,’” J. Inform. dan Rekayasa Perangkat Lunak, vol. 1, no. 1, pp. 9–16.

S. Syah, “PEMANFAATAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITYUNTUK PENGENALAN PAHLAWAN INDONESIA DENGAN MARKER UANG KERTAS INDONESIA,” J. Inform. Dan Rekayasa Perangkat Lunak, vol. 1, no. 1, pp. 9–16, 2020.

S. Ahdan, A. Priandika, F. Andhika, and F. S. Amalia, “Perancangan Media Pembelajaran Teknik Dasar Bola Voli Menggunakan Teknologi Augmented Reality Berbasis Android,” J. Kelitbangan, vol. 8, no. 3, pp. 221–236, 2020, [Online]. Available: https://docplayer.info/210712569-Perancangan-media-pembelajaran-teknik-dasar-bola-voli-mengunakan-teknologi-augmented-reality-berbasis-android.html

A. Sucipto, Q. J. Adrian, and M. A. Kencono, “Martial Art Augmented Reality Book (Arbook) Sebagai Media Pembelajaran Seni Beladiri Nusantara Pencak Silat,” J. Sisfokom (Sistem Inf. Dan Komputer), vol. 10, no. 1, pp. 40–45, 2021.

Borman;Imam Ahmad; Yuri Rahmanto; Devin Pratama; Rohmat Indra, “Development of augmented reality application for introducing tangible cultural heritages at the lampung museum using the multimedia development life cycle,” Ilk. J. Ilm., vol. 13, no. 2, pp. 187–194, 2021.

I. Ahmad, S. Samsugi, and Y. Irawan, “Penerapan Augmented Reality Pada Anatomi Tubuh Manusia Untuk Mendukung Pembelajaran Titik Titik Bekam Pengobatan Alternatif,” J. Teknoinfo, vol. 16, no. 1, p. 46, 2022, doi: 10.33365/jti.v16i1.1521.

J. D. Gotama, Y. Fernando, and D. Pasha, “Pengenalan Gedung Universitas Teknokrat Indonesia Berbasis Augmented RealiGotama JD, Fernando Y, Pasha D. 2021. Pengenalan Gedung Universitas Teknokrat Indonesia Berbasis Augmented Reality. J Inform Dan Rekayasa Perangkat Lunak. 2(1):28–38.ty,” J. Inform. Dan Rekayasa Perangkat Lunak, vol. 2, no. 1, pp. 28–38, 2021.

Y. Fernando, I. Ahmad, A. Azmi, and R. I. Borman, “Penerapan Teknologi Augmented Reality Katalog Perumahan Sebagai Media Pemasaran Pada PT. San Esha Arthamas,” J-SAKTI (Jurnal Sains Komput. dan Inform., vol. 5, no. 1, pp. 62–71, 2021.

Jupriyadi and A. Aziz, “Aplikasi Pengenalan Rumah Adat Sumatera Berbasis Augmented Reality Pada Perangkat Android,” Telefortech, vol. 1, no. 2, pp. 46–54, 2021.

Y. Rahmanto, “Digitalisasi Artefak pada Museum Lampung Menggunakan Teknik Fotogrametri Jarak Dekat untuk Pemodelan Artefak 3D,” J. CoreIT J. Has. Penelit. Ilmu Komput. dan Teknol. Inf., vol. 7, no. 1, pp. 13–19, 2021.

A. Surahman, A. D. Wahyudi, and S. Sintaro, “Implementasi Teknologi Visual 3D Objek Sebagai Media Peningkatan Promosi Produk E-Marketplace,” 2020.

A. Surahman, A. D. Wahyudi, A. D. Putra, S. Sintaro, and I. Pangestu, “Perbandingan Kualitas 3D Objek Tugu Budaya Saibatin Berdasarkan Posisi Gambar Fotogrametri Jarak Dekat,” InfoTekJar J. Nas. Inform. dan Teknol. Jar., vol. 5, no. 2, pp. 65–70, 2021.

A. Amarudin and S. Silviana, “The Development Of Web 3d Application For Virtual Museum Of Lampung Culture,” J. Tekno Kompak, vol. 12, no. 1, pp. 10–14, 2018.

Downloads

Published

2023-05-10