APLIKASI E-LEARNING SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA SMA NEGERI 1 WAYLIMA (STUDI KASUS: SMA NEGERI 1 WAYLIMA, PESAWARAN)

Authors

  • Dwi Hardianto AR Informatika

Keywords:

E-Learning, Web dan Waterfall

Abstract

Kegiatan pembelajaran yang terjadi di SMA Negeri 1 Way Lima. Pemberian materi pelajaran masih menggunakan metode konvesional dan menggunakan buku teks. Kurangnya pemanfaatan internet sebagai sumber bahan ajar menjadi kendala dalam proses pemebelajaran. Belum adanya media pembelajaran secara komputerisasi yang secara online maupun offline yang dapat membantu siswa-siswi dalam proses belajar. Tujuan penelitian ini adalah membangun aplikasi E-learning secara online yang dapat digunakan oleh siswa-siswi SMA N 1 Way Lima untuk proses belajar.  Metode pengembangan sistem yang digunakan adalah metode waterfall, dan  menggunakan UML (Unified Modeling Language) sebagai alat bantu untuk menjelaskan gambaran rancangan sistem, untuk perancangan antarmuka sistem yang dibuat menggunakan aplikasi Balsamiq Mockups 3, serta bahasa pemrograman PHP dengan alat bantu implementasi menggunakan aplikasi JetBrains PhpStrom dan penyimpanan data menggunakan Database SqlYog. Hasil penelitian ini adalah aplikasi Pembelajaran online berdasarkan kebutuhan media pembelajran untuk siswa-siswi di SMA Negeri 1 Way Lima untuk kegiatan pemebelajaran. Pengguna aplikasi ini ada admin, guru dan siswa-siswi. Hak Akses yang diberikan berbeda admin dapat mengelola E-learning, guru dapat mengunggah  bahan ajar dan siswa dapat mengunduh bahan ajar.

References

Agustina, E. T., & Utami, A. R. (2021). STUDENTS ’ INTERESTING WTH ENGLISH TEXT. 11(3), 1–12.

Apriyanti, D., & Ayu, M. (2020). Think-Pair-Share: Engaging Students in Speaking Activities in Classroom. Journal of English Language Teaching and Learning, 1(1), 13–19.

Arrahman, R. (2021). Automatic Gate Based on Arduino Microcontroller Uno R3. Jurnal Robotik, 1(1), 61–66.

Arrahman, R. (2022). Rancang Bangun Pintu Gerbang Otomatis Menggunakan Arduino Uno R3. Jurnal Portal Data, 2(2), 1–14. http://portaldata.org/index.php/portaldata/article/view/78

Artikel, J. (2020). HASIL PENILAIAN SEJAWAT SEBIDANG ATAU PEER REVIEW KARYA ILMIAH : PROSIDING Komponen yang dinilai a . Kelengkapan unsur isi prosiding ( 10 %) b . Ruang lingkup dan kedalaman c . Kecukupan dan kemutakhiran data ( 30 %) d . Kelengkapan unsur dan kualitas Nil. 1–2.

Arwani, M., & Firmansyah, M. A. (2013). Identifikasi Kerangka Pengetahuan Masyarakat Nelayan di Kota Bengkulu Dalam Kesiapsiagaan Bencana Sebagai Basis Dalam Merumuskan Model Pengelolaan Bencana. Jurnal Dialog Penganggulangan Bencana, 4(1), 57–64.

Asia, J., & Samanik. (2018). Dissociative Identity Disorder Reflected in Frederick Clegg ’ S Character in the Collectors Novel. ELLiC, 2(1), 424–431.

Dakwah, J., Televisi, E., Pada, B., & Pandemi, M. (2021). AL-IDZA ’ AH AL-IDZA ’ AH. 12–22.

Firma Sahrul B, M. A. S. O. D. W. (2017). Implementasi Sistem Informasi Akademik Berbasis Web Menggunakan Framework Laravel. Jurnal Transformasi, 12(1), 1–4.

Firmansyah, M. A., Karlinah, S., & Sumartias, S. (2017). Kampanye Pilpres 2014 dalam Konstruksi Akun Twitter Pendukung Capres. Jurnal The Messenger, 9(1), 79. https://doi.org/10.26623/themessenger.v9i1.430

Firmansyah, M. A., Mulyana, D., Karlinah, S., & Sumartias, S. (2018). Kontestasi Pesan Politik dalam Kampanye Pilpres 2014 di Twitter: Dari Kultwit Hingga Twitwar. Jurnal Ilmu Komunikasi, 16(1), 42. https://doi.org/10.31315/jik.v16i1.2681

Firmansyah M, Lomi, A., & Gustopo, D. (2017). Meningkatkan Mutu Kain Tenun Ikat Tradisional Di Desa/Kelurahan Roworena Secara Berkesinambungan Di Kabupaten Ende Dengan Pendekatan Metode TQM. Jurnal Teknologi Dan Manajemen Industri, 3(1), 5–13. https://doi.org/10.36040/jtmi.v3i1.171

Fithratullah, M. (2019). Globalization and Culture Hybridity; The Commodification on Korean Music and its Successful World Expansion. Digital Press Social Sciences and Humanities, 2(2018), 00013. https://doi.org/10.29037/digitalpress.42264

Fithratullah, M. (2021). Representation of Korean Values Sustainability in American Remake Movies. Teknosastik, 19(1), 60. https://doi.org/10.33365/ts.v19i1.874

Gerai, S., Donald, M., Indriani, R., & Firmansyah, M. A. (2021). STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN MELALUI BTS MEAL OLEH RESTORAN MC . DONALDS DAN PERSEPSI KONSUMEN Abstrak. 3(1), 3–12.

Gita, V., & Setyaningrum, Y. (2018). Hedonism As Reflected in Hemingway ’ S the Snows of. 2, 450–456.

Gustanti, Y., & Ayu, M. (2021). the Correlation Between Cognitive Reading Strategies and Students ’ English Proficiency Test. 2(2), 95–100.

H Kara, O. A. M. A. (2014). 済無No Title No Title No Title. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 7(2), 107–115.

Hartanto, Y., Firmansyah, M. A., & Adhrianti, L. (2022). Implementation Digital Marketing Pesona 88 Curup in to Build Image for the Decision of Visit Tourist Attraction. Proceedings of the 4th Social and Humanities Research Symposium (SoRes 2021), 658(SoRes 2021), 589–594. https://doi.org/10.2991/assehr.k.220407.121

Keanu, A. (2018). Narrative Structure of the Minds of Billy Milligan Novel and Split Film. 2nd English Language and Literature International Conference (ELLiC), 2, 440–444.

Kutipan, K., Ulama, N., & Solihin, D. A. N. (n.d.). Mutiara hikmah ulama.

Lestari, M., & Wahyudin, A. Y. (2020). Language learning strategies of undergraduate EFL students. Journal of English Language Teaching and Learning, 1(1), 25–30.

MEMBIMBING dan MENGUJI KP 2020.pdf. (n.d.).

Mertania, Y., & Amelia, D. (2020). Black Skin White Mask: Hybrid Identity of the Main Character as Depicted in Tagore’s The Home and The World. Linguistics and Literature Journal, 1(1), 7–12. https://doi.org/10.33365/llj.v1i1.233

Nindyarini Wirawan, A. and S. (2018). Sociopathic Personality Disorder in Humbert Humbert’S Character of Nabokov’S Lolita. 2, 432–439. https://jurnal.unimus.ac.id/index.php/ELLIC/article/viewFile/3568/3394

Nurmalasari, U., & Samanik. (2018). A Study of Social Stratification In France In 19th Century as Portrayed in `The Necklace ‘La Parure’` Short Story by Guy De Maupassant. English Language & Literature International Conference, 2, 2. https://jurnal.unimus.ac.id/index.php/ELLIC/article/view/3570

Pajar, M., Setiawan, D., Rosandi, I. S., & Darmawan, S. (2017). Deteksi Bola Multipola Pada Robot Krakatau FC. 6–9.

Pratama, P. G. (2018). Transgender Personality Reflected in Buffalo Bill ’ S Character As Seen in Harris ’ the Silence of the Lambs. 2, 417–423.

Prayoga, A., & Utami, A. R. (2021). USE OF TECHNOLOGY AS A LANGUAGE LEARNING. 14(3), 1–10.

Pustika, R. (2010). Improving Reading Comprehension Ability Using Authentic Materials For Grade Eight Students Of MTSN Ngemplak, Yogyakarta. Topics in Language Disorders, 24(1), 92–93.

Putri, E. (2022). An impact of the use Instagram application towards students vocabulary. Pustakailmu.Id, 2(2), 1–10.

Putri, E., & Sari, F. M. (2020). Indonesian Efl Students’ Perspectives Towards Learning Management System Software. Journal of English Language Teaching and Learning, 1(1), 20–24. https://doi.org/10.33365/jeltl.v1i1.244

Putri, N. U., Oktarin, P., & Setiawan, R. (2020). Pengembangan Alat Ukur Batas Kapasitas Tas Sekolah Anak Berbasis Mikrokontroler. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Kendali Dan Listrik, 1(1), 14–22. https://doi.org/10.33365/jimel.v1i1.189

Ramdan, S. D., & Utami, N. (2020). Pengembangan Koper Pintar Berbasis Arduino. Journal ICTEE, 1(1), 4–8. https://doi.org/10.33365/jictee.v1i1.699

Robot, S. N. (2007). Sistem kontrol pergerakan robot beroda pemadam api. 2007(Snati), 1–4.

Safitri, V. A., Sari, L., & Gamayuni, R. R. (2019). Research and Development, Environmental Investments, to Eco-Efficiency, and Firm Value. The Indonesian Journal of Accounting Research, 22(03), 377–396. https://doi.org/10.33312/ijar.446

Samanik, S. (2021). Imagery Analysis In Matsuoka’s Cloud Of Sparrows. Linguistics and Literature Journal, 2(1), 17–24.

Samanik, S., & Lianasari, F. (2018). Antimatter Technology: The Bridge between Science and Religion toward Universe Creation Theory Illustrated in Dan Brown’s Angels and Demons. Teknosastik, 14(2), 18. https://doi.org/10.33365/ts.v14i2.58

Setri, T. I., & Setiawan, D. B. (2020). Matriarchal Society in The Secret Life of Bees by Sue Monk Kidd. Linguistics and Literature Journal, 1(1), 28–33. https://doi.org/10.33365/llj.v1i1.223

Sidiq, M., & Manaf, N. A. (2020). Karakteristik Tindak Tutur Direktif Tokoh Protagonis Dalam Novel Cantik Itu Luka Karya Eka Kurniawan. Lingua Franca: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 4(1), 13–21.

Sidiq, M., Nurdjali, B., & Idham, M. (2015). Karakteristik dan Kerapatan Sarang Orangutan (Pongo pygmaeus wurbmbii) di Hutan Desa Blok Pematang Gadung Kabupaten Ketapang Propinsi Kalimantan Barat. Jurnal Hutan Lestari, 3, 322–331.

Siregar, A., & Utami, A. R. (2021). ENGLISH LEARNING CURRICULUM IN JUNIOR HIGH. 8(3), 2–9.

Sulistiani, H., & Aldino, A. A. (2020). Decision Tree C4.5 Algorithm for Tuition Aid Grant Program Classification (Case Study: Department of Information System, Universitas Teknokrat Indonesia). Edutic - Scientific Journal of Informatics Education, 7(1), 40–50. https://doi.org/10.21107/edutic.v7i1.8849

Suprayogi, S., Samanik, S., & Chaniago, E. P. (2021). Penerapan Teknik Mind Mapping, Impersonating dan Questionning dalam Pembelajaran Pidato di SMAN 1 Semaka. JAMU : Jurnal Abdi Masyarakat UMUS, 2(01), 33–40. https://doi.org/10.46772/jamu.v1i02.475

Wahyudi, C., & Utami, A. R. (2021). EXPLORING TEACHERS ’ STRATEGY TO INCREASE THE MOTIVATION OF THE STUDENTS DURING ONLINE. 9(3), 1–9.

Wahyuni, A., Utami, A. R., & Education, E. (2021). the Use of Youtube Video in Encouraging Speaking Skill. Pustakailmu.Id, 7(3), 1–9. http://pustakailmu.id/index.php/pustakailmu/article/view/62

Webqual, C. M. (2022). Analisis Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Kawasan Agrowisata. 8(1), 13–19.

Website, B., & Cikarang, D. I. (2020). Jurnal Informatika SIMANTIK Vol.5 No.2 September 2020 PENERAPAN METODE. 5(2), 18–23.

Wulandari, G. H. (2018). Factors That Influence the Timeliness of Publication Offinancial Statements on Banking in Indonesia. TECHNOBIZ : International Journal of Business, 1(1), 16. https://doi.org/10.33365/tb.v1i1.201

Yudha, H. T., & Utami, A. R. (2022). the Effect of Online Game Dota 2 in Students’ Vocabulary. Pustakailmu.Id, 2(1), 1–9.

Downloads

Published

2022-06-24