Rancangan Geografis Untuk Pelacakan Posisi Perumahan Di Bandar Lampung

Authors

  • Akhmad Subkhi Hafidz Informatika

Keywords:

Pencarian, Algoritma A* (A-Star), Perumahan.

Abstract

Kota Bandarlampung salah satu ibukota propinsi lampung dengan jumlah penduduk semakin padat setiap tahunnya dan kebutuhan masyarakat yang ingin mencari informasi perumahan sangat diperlukan, terutama dalam hal pencarian lokasi perumahan. Tujuan penelitian ini yaitu didasari oleh banyaknya perumahan baru yang tersebar di kota bandarlampung, mendorong penulis untuk membuat sebuah sistem yang berfungsi untuk mencari lokasi perumahan terdekat di Bandarlampung. pada penelitian ini algoritma A* (star) akan diterapkan pada aplikasi berbasis web dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP dan javascript. Untuk basis data penulis menggunakan Mysql. Untuk penentuan lokasi awal penulis menggunakan  marker yang ada dipeta dengan memanfaatkan Google Maps Api sebagai peta untuk melihat hasil dari pencarian. Keseluruhan data akan tersimpan dalam basis data dan akan menghasilkan keluaran berupa 10 titik lokasi perumahan terdekat dan jalur direction dari lokasi awal menuju perumahan tujuan yang ditampilkan di peta bandarlampung. dari hasil penelitian yang telah  dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa penerapan algoritma A* (star) dalam pencarian lokasi perumahan terdekat di bandarlampung dengan menggunakan aplikasi berbasis web, dapat menghasilkan jalan tersingkat untuk menuju perumahan yang akan di tuju lamanya proses pencarian tergantung banyaknya data yang dikembangkan untuk pencarian rute dengan algoritma A* (star).

References

Alfiah, A., & Damayanti, D. (2020a). Aplikasi E-Marketplace Penjualan Hasil Panen Ikan Lele (Studi Kasus: Kabupaten Pringsewu Kecamatan Pagelaran). Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi, 1(1), 111–117.

Alfiah, & Damayanti. (2020b). Aplikasi E-Marketplace Penjualan Hasil Panen Ikan Lele (Studi Kasus: Kabupaten Pringsewu Kecamatan Pagelaran). Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi (JTSI), 1(1), 111–117. http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/sisteminformasi

Amarudin, A., & Sofiandri, A. (2018). Perancangan dan Implementasi Aplikasi Ikhtisar Kas Masjid Istiqomah Berbasis Desktop. Jurnal Tekno Kompak, 12(2), 51–56.

Anita, K., Wahyudi, A. D., & Susanto, E. R. (2020). Aplikasi Lowongan Pekerjaan Berbasis Web Pada Smk Cahaya Kartika. Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi, 1(1), 75–80.

Azmi, M., Kharisma, A. P., & Akbar, M. A. (2019). Evaluasi User Experience Aplikasi Mobile Pemesanan Makanan Online dengan Metode Design Thinking ( Studi Kasus GrabFood ). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 3(8), 7963–7972.

Budiman, A, Ahdan, S., & Aziz, M. (2021). Analisis Celah Keamanan Aplikasi Web E-Learning Universitas Abc Dengan Vulnerability Assesment. Jurnal Komputasi, 9(2), 1–10. https://jurnal.fmipa.unila.ac.id/komputasi/article/view/2800

Budiman, Arief, David, I., & Sucipto, A. (2021). Pemberdayaan Aplikasi Mobile dalam Peningkatan Kegiatan dan Informasi pada Dewan Dakwah Lampung. 2(2), 157–168. https://doi.org/10.23960/jpkmt.v2i2.41

Dwijaya, D. A. (2020). Perancangan Aplikasi Untuk Pelanggaran Dan Prestasi Siswa Pada Smp Kartika Ii-2 Bandar Lampung. Jurnal Informatika dan Rekayasa Perangkat Lunak, 1(2), 127–136.

Fariyanto, F., Suaidah, S., & Ulum, F. (2021). PERANCANGAN APLIKASI PEMILIHAN KEPALA DESA DENGAN METODE UX DESIGN THINKING (STUDI KASUS: KAMPUNG KURIPAN). Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi, 2(2), 52–60.

Fariyanto, F., & Ulum, F. (2021). Perancangan Aplikasi Pemilihan Kepala Desa Dengan Metode Ux Design Thinking (Studi Kasus: Kampung Kuripan). Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi (JTSI), 2(2), 52–60. http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/JTSI

Febrina Ananta Clara., dkk. (2021). Aplikasi E-Marketplace Bagi Pengusaha Stainless Berbasis Mobile Di Wilayah Bandar Lampung. Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi (JTSI), 2(1), 15–22.

Febrina, C. A., & Megawaty, D. A. (2021). APLIKASI E-MARKETPLACE BAGI PENGUSAHA STAINLESS BERBASIS MOBILE DI WILAYAH BANDAR LAMPUNG. Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi, 2(1), 15–22.

Gandhi, B. S., Megawaty, D. A., & Alita, D. (2021). Aplikasi Monitoring Dan Penentuan Peringkat Kelas Menggunakan Naïve Bayes Classifier. Jurnal Informatika dan Rekayasa Perangkat Lunak, 2(1), 54–63.

Giovani, A. P., Ardiansyah, A., Haryanti, T., Kurniawati, L., & Gata, W. (2020). Analisis Sentimen Aplikasi Ruang Guru Di Twitter Menggunakan Algoritma Klasifikasi. Jurnal Teknoinfo, 14(2), 115. https://doi.org/10.33365/jti.v14i2.679

Hamidah, W. N. (2021). RANCANG BANGUN APLIKASI INVENTORY WAREHOUSE BERBASIS WEB ( Studi Kasus : TB . Mahkota Bangunan Desa Gandasari ). 91–96.

Juliyanto, F., & Parjito, P. (2021). REKAYASA APLIKASI MANAJEMEN E-FILLING DOKUMEN SURAT PADA PT ALP (ATOSIM LAMPUNG PELAYARAN). Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi, 2(1), 43–49.

Lukman, A., Hakim, A., Maulana, I., Wafa, I., & Koswara, Y. (2021). Perancangan Aplikasi Inventaris Gudang Menggunakan Bahasa Program PHP dan Database MySQL Berbasis WEB. 4(1), 7–13. https://doi.org/10.32493/jtsi.v4i1.7754

Maulida, S., Hamidy, F., & Wahyudi, A. D. (2020). Monitoring Aplikasi Menggunakan Dashboard untuk Sistem Informasi Akuntansi Pembelian dan Penjualan (Studi Kasus: UD Apung). Jurnal Tekno Kompak, 14(1).

Megawaty, D. A., Damayanti, D., Assubhi, Z. S., & Assuja, M. A. (2021a). Aplikasi Permainan Sebagai Media Pembelajaran Peta Dan Budaya Sumatera Untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Komputasi, 9(1), 58–66. https://doi.org/10.23960/komputasi.v9i1.2779

Megawaty, D. A., Damayanti, D., Assubhi, Z. S., & Assuja, M. A. (2021b). APLIKASI PERMAINAN SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PETA DAN BUDAYA SUMATERA UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR. Jurnal Komputasi, 9(1), 58–66.

Megawaty, D. A., & Putra, M. E. (2020). Aplikasi Monitoring Aktivitas Akademik Mahasiswa Program Studi Informatika Universitas Xyz Berbasis Android. Jurnal Informatika dan Rekayasa Perangkat Lunak, 1(1), 65–74.

Mustaqov, M. A., & Megawaty, D. A. (2020). Penerapan Algoritma A-Star Pada Aplikasi Pencarian Lokasi Fotografi Di Bandar Lampung berbasis Android. Jurnal Teknoinfo, 14(1), 27–34.

Noviansyah, M. (2017). Rancang Bangun Aplikasi Game Edukasi Hafalan Doa Agama Islam. Jurnal Teknik Informatika, 12(1). https://doi.org/10.35793/jti.12.1.2017.17791

Oktavia, W., Sucipto, A., Studi, P., Informasi, S., & Indonesia, U. T. (2021). Rancang Bangun Aplikasi E-Marketplace Untuk Produk Titik Media Reklame Perusahaan Periklanan ( Studi Kasus : P3I Lampung ). 2(2), 8–14.

Pasaribu, K. (2021). Rancang Bangun Aplikasi Info Cryptocurrency. July, 0–10.

Pramesti, D. M. (2018). APLIKASI SELEKSI MASUK ANGGOTA BARU UNIT KEGIATAN MAHASISWA ANIMEDIA TEKNOKRAT DENGAN FRAMEWORK CODEIGNITER BERBASIS WEB. Perpustakaan Universitas Teknokrat Indonesia.

Putra, A. D. (2020). Rancang Bangun Aplikasi E-Commerce Untuk Usaha Penjualan Helm. Jurnal Informatika Dan Rekayasa Perangkat Lunak, 1(1), 17–24.

Rachmatullah, R., Kardha, D., & Yudha, M. P. (2020). Aplikasi E-Commerce Petshop dengan Fitur Petpedia. Go Infotech: Jurnal Ilmiah STMIK AUB, 26(1), 24. https://doi.org/10.36309/goi.v26i1.120

Rahmanto, Y., Alfian, J., Damayanti, D., & Borman, R. I. (2021a). Penerapan Algoritma Sequential Search pada Aplikasi Kamus Bahasa Ilmiah Tumbuhan.

Rahmanto, Y., Alfian, J., Damayanti, D., & Borman, R. I. (2021b). Penerapan Algoritma Sequential Search pada Aplikasi Kamus Bahasa Ilmiah Tumbuhan. Jurnal Buana Informatika, 12(1), 21. https://doi.org/10.24002/jbi.v12i1.4367

Rahmanto, Y., Ulum, F., & Priyopradono, B. (2020). Aplikasi pembelajaran audit sistem informasi dan tata kelola teknologi informasi berbasis Mobile. Jurnal Tekno Kompak, 14(2), 62–67.

Ramadhanu, P. B., & Priandika, A. T. (2021a). Rancang Bangun Web Service Api Aplikasi Sentralisasi Produk Umkm Pada Uptd Plut Kumkm Provinsi Lampung. Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi (JTSI), 2(1), 59–64. http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/JTSI

Ramadhanu, P. B., & Priandika, A. T. (2021b). RANCANG BANGUN WEB SERVICE API APLIKASI SENTRALISASI PRODUK UMKM PADA UPTD PLUT KUMKM PROVINSI LAMPUNG. Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi, 2(1), 59–64.

Rauf, A., & Prastowo, A. T. (2021). Rancang Bangun Aplikasi Berbasis Web Sistem Informasi Repository Laporan Pkl Siswa (Studi Kasus Smk N 1 Terbanggi Besar). Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi (JTSI), 2(3), 26. http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/JTSI

Rizki, M. A. K., & Op, F. (2021). Rancang Bangun Aplikasi E-Cuti Pegawai Berbasis Website ( Studi Kasus : Pengadilan Tata Usaha Negara ). Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi (JTSI), 2(3), 1–13.

Santoso., S. (2018). Aplikasi Sistem Informasi Pengajuan Kredit Berbasis Web. 37(2), 8–9.

Santoso, M. H., Purnomo, J., & Sulistiyasni. (2020). Rancang Bangun Aplikasi Media Pengenalan Mata Uang Kripto. Jurnal Media Pratama, November, 17–30.

Satria, M. N. D., Saputra, F., & Pasha, D. (2020). MIT APP INVERTOR PADA APLIKASI SCORE BOARD UNTUK PERTANDINGAN OLAHRAGA BERBASIS ANDROID. Jurnal Teknoinfo, 14(2), 81–88.

Soraya, A., & Wahyudi, A. D. (2021). Rancang bangun aplikasi penjualan dimsun berbasis web. Teknologi dan Sistem Informasi (JTSI), 2(4), 43–48.

Suaidah, S. (2021). Analisis Penerimaan Aplikasi Web Engineering Pelayanan Pengaduan Masyarakat Menggunakan Technology Acceptance Model. JATISI (Jurnal Teknik Informatika dan Sistem Informasi), 8(1), 299–311. https://doi.org/10.35957/jatisi.v8i1.600

Susanto, E. R., & Ramadhan, F. (2017). Rancang Bangun Aplikasi Berbasis Web Perizinan Praktik Tenaga Kesehatan Menggunakan Framework Codeigniter Pada Dinas Kesehatan Kota Metro. Jurnal Tekno Kompak, 11(2), 55–60.

Tinambunan, M., & Sintaro, S. (2021). Aplikasi Restfull Pada Sistem Informasi Geografis Pariwisata Kota Bandar Lampung. Jurnal Informatika dan Rekayasa Perangkat Lunak, 2(3), 312–323. https://doi.org/10.33365/jatika.v2i3.1230

Wahyudi, A., Satyarno, I., Budi Suparma, L., & Taufik Mulyono, A. (2021). Quality Assurance Dan Quality Control Pemeriksaan Jembatan Dengan Aplikasi Invi-J. Jurnal Transportasi, 21(2), 81–92. https://doi.org/10.26593/jtrans.v21i2.5156.81-92

Wantoro, A. (2018). Prototype Aplikasi Berbasis Web Sebagai Media Informasi Kehilangan Barang. Jurnal Teknoinfo, 12(1), 11–15.

Wantoro, A., & Alkarim, I. (2016). Aplikasi Pengendalian Persediaan Spare Part Traktor dengan Metode Buffer Stock dan Reorder Point (ROP) di Gudang Cabang Tanjung Karang (Studi Kasus CV. Karya Hidup Sentosa Lampung). Explore: Jurnal Sistem informasi dan telematika (Telekomunikasi, Multimedia dan Informatika), 7(2).

Wayan, I. (2022). PENERAPAN APLIKASI WEB UNTUK ADMINSTRASI DI DESA SIDOSARI LAMPUNG SELATAN. 3(1), 70–78.

Wiguna, P. D. A., Swastika, I. P. A., & Satwika, I. P. (2019). Rancang Bangun Aplikasi Point of Sales Distro Management System dengan Menggunakan Framework React Native. Jurnal Nasional Teknologi dan Sistem Informasi, 4(3), 149–159. https://doi.org/10.25077/teknosi.v4i3.2018.149-159

Yanasta Perdana, F., & Rahman, E. (2015). Sistem monitoring untuk catu daya berbasis aplikasi mobile. Prosiding Industrial Research …, 4(1), 634–638. https://jurnal.polban.ac.id/proceeding/article/view/773

Yunitasari, Y., & Sintaro, S. (2021). Penggerak Kamera Dengan 2in1 Control ( Manual Dan Otomatis ) Menggunakan Aplikasi Android. 02(02).

Yurnama, T. F., & Azman, N. (2009). Perancangan Software Aplikasi Pervasive Smart Home. Snati, 2009(Snati), E2–E5.

Downloads

Published

2022-04-23